4 Perusahaan di RI PHK Gede-gedean dalam Sepekan

ADVERTISEMENT

4 Perusahaan di RI PHK Gede-gedean dalam Sepekan

Tim Detikcom - detikFinance
Rabu, 23 Nov 2022 17:00 WIB
Ilustrasi PHK
Foto: Ilustrasi PHK (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)
Jakarta -

Sektor ketenagakerajaan di tanah air sedang tidak baik-baik saja. Hal itu setidaknya seperti terlihat dari maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam skala besar yang terjadi dalam sepekan terakhir.

Perusahaan apa saja? Cek di bawah ini daftarnya

GoTo

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk telah memberikan pernyataan resmi terkait kabar rencana pemutusan hubungan kerja (PHK). Perusahaan membenarkan kabar tersebut dan akan melakukan PHK terhadap 1.300 karyawan, seperti terungkap dalam pernyataan resmi yang diterima detikcom dari GoTo, Jumat (18/11/2022) lalu.

"Untuk lebih jauh bernavigasi di tengah kondisi ekonomi global yang semakin penuh tantangan, GoTo harus fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali perusahaan. Hal ini termasuk mengambil keputusan sulit untuk melakukan perampingan karyawan sejumlah 1.300 orang atau sekitar 12% dari total karyawan tetap Grup GoTo," tulis perusahaan.

Ruangguru

Dalam keterangan resminya, Ruangguru menyatakan telah melakukan PHK kepada ratusan karyawannya. Iklim pasar global yang memburuk jadi alasan PHK dilakukan.

"Hari ini Ruangguru melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) dengan sebagian pegawai Ruangguru. Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis," tulis penjelasan Corporate Communications Team Ruangguru yang diterima detikcom, Jumat (18/11/2022) silam.

Perusahaan menyampaikan semua yang terkena PHK telah mendapatkan haknya sesuai aturan yang berlaku, mulai dari pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian hak misalnya ganti rugi sisa cuti.

"Semua dibayarkan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja dibayarkan penuh. Kami juga memperpanjang asuransi bagi yang terdampak," tulis penjelasan Ruangguru.

Perusahaan apa lagi yang umumkan PHK dalam rentang seminggu ini? Buka halaman selanjutnya.

Simak Video: Badai Resesi Picu PHK Massal, Begini Tanggapan Warga

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT