Kenapa Qatar Bisa Begitu Kaya Raya?

ADVERTISEMENT

Kenapa Qatar Bisa Begitu Kaya Raya?

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 23 Nov 2022 17:20 WIB
People gather at the capital Dohas traditional Souq Waqif market while the official logo of the FIFA World Cup Qatar 2022 is projected on the front of a building on September 3, 2019. (Photo by - / AFP)        (Photo credit should read -/AFP via Getty Images)
Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022/Foto: AFP via Getty Images/-
Jakarta -

Menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia 2022 membuat banyak orang tertarik dengan Qatar. Qatar merupakan negara yang relatif kecil dengan luas wilayah sekitar 12.000 km2 dengan penduduk sekitar 2,9 jiwa.

Meski demikian, Qatar juga dikenal sebagai negara yang kaya raya. Hal ini terbukti dari penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Piala Dunia yang digelar di Qatar ini disebut-sebut jadi yang termahal sepanjang sejarah.

Dalam laporan Deutsche Welle, disebutkan, turnamen kali ini merupakan yang termahal dari semua Piala Dunia yang diadakan sejak pertama kali pada tahun 1930. Bahkan berdasarkan beberapa perkiraan, biaya Piala Dunia FIFA kali ini bahkan mungkin lebih besar dari gabungan biaya 21 Piala Dunia sebelumnya.

Menurut berbagai ahli dan laporan, diperkirakan biaya yang akan dikeluarkan Quatar kali ini melebihi US$ 200 miliar atau setara Rp 3.142,66 triliun (kurs Rp 15.713/dolar AS) dan bahkan masih bisa lebih tinggi lagi.

Lantas, kenapa Qatar bisa begitu kaya raya? Dilansir dari qatarofw, Rabu (23/11/2022), terdapat beberapa alasan yang menjadikan qatar negara terkaya, yaitu:

1. Qatar Investment Authority (QIA)

Qatar Investment Authority (QIA) memiliki tanggung jawab untuk melakukan investasi, mengatur, dan menumbuhkan cadangan negara yang memungkinkannya untuk mengembangkan ekonomi.

QIA juga memiliki tujuan untuk menciptakan berbagai kesempatan untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi selain dari sektor minyak. Hal ini termasuk mengembangkan talenta penduduk lokal dan melihat potensi ekspor lainnya. Sejak QIA berdiri pada tahun 2005, hingga saat ini telah memperoleh aset sebesar US$ 335 miliar dari berbagai belahan dunia.

2. Pendapatan per Kapita

Per tahun 2021, Qatar memiliki pendapatan per kapita yang cukup tinggi yaitu US$ 61.276. Pendapatan per kapita Qatar 14 kali lipat dari Indonesia yang hanya sebesar US$ 4.291. Pendapatan per kapita Qatar bahkan juga jauh lebih besar dibanding negara-negara di Eropa, seperti Prancis, Finlandia, Belgia, dan Jerman.

3. Memiliki Cadangan Migas yang Melimpah

Salah satu faktor yang membuat Qatar kaya raya yaitu minyak. Qatar memang merupakan negara yang kecil, namun negara ini memiliki cadangan gas alam cair terbesar ketiga di dunia. Sekitar 55% produk domestik bruto (PDB) Qatar dihasilkan dari gas dan minyak.

4. Negara Mandiri

Selama bertahun-tahun, Qatar telah menciptakan berbagai proyek untuk menjadi negara yang mandiri. Hal ini termasuk pembangunan Pelabuhan Hamad yang ditujukan menjadi pelabuhan terbesar. Qatar juga menghabiskan US$ 700 juta untuk membangun peternakan sapi perah agar dapat menghasilkan produk susu secara mandiri.

Simak juga Video: Menikmati Pameran 'Pohon Impian' di Konfederasi Sepak Bola Conmebol Qatar

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT