Manchester United Mau Dijual, Ini Daftar Calon Pembelinya

ADVERTISEMENT

Manchester United Mau Dijual, Ini Daftar Calon Pembelinya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 24 Nov 2022 09:41 WIB
LONDON, ENGLAND - FEBRUARY 09: The Manchester United club badge is put up on the board during the Premier League match between Fulham FC and Manchester United at Craven Cottage on February 09, 2019 in London, United Kingdom. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images)
Manchester United Mau Dijual, Ini Daftar Calon Kuat Pembelinya/Foto: Getty Images/Catherine Ivill
Jakarta -

Manchester United, salah satu klub sepak bola terbesar di dunia berpotensi dijual pemiliknya. Tim ini telah dibeli oleh Keluarga Glazer pada 2005 lalu seharga 790 juta poundsterling.

Keluarga tersebut diperkirakan akan menjualnya seharga 4 miliar hingga 4,5 miliar poundsterling. Meski, beberapa ada menyebutnya lebih tinggi.

Lalu, siapa yang bakal membeli? Beberapa nama disebut-sebut sebagai calon kuat pembeli tim berjuluk Setan Merah tersebut. Berikut calon pembeli Manchester United dikutip dari BBC, Kamis (24/11/2022):

1. Sir Jim Ratchliffe

Salah satu orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe adalah salah satu dari sedikit nama yang sering disebut-sebut akan mengambilalih Manchester United. Dia pertama kali menyatakan minatnya untuk membeli klub pada bulan Agustus di mana juru bicaranya mengatakan jika klub dijual, Jim jelas merupakan pembeli potensial.

Jim mencetak kekayaannya dengan membeli dan membalikkan bagian yang dibuang dari bisnis lain. Dari operasi yang pernah dimiliki raksasa minyak seperti BP, Jim menciptakan perusahaan Ineos di mana bahan kimia dan bahan bakunya masuk ke kehidupan sehari-hari.

The Sunday Times Rich List mencantumkan dia sebagai orang terkaya ke-27 di Inggris dengan total kekayaan 6 miliar poundsterling, meski Forbes menempatkannya di bawah 11 miliar poundsterling.

2. Jim O'Neill dan Red Knights

O'Neill memimpin kelompok investor Red Knights yang mencoba membeli klub itu pada 2010. O'Neill mengatakan kepada BBC bahwa siapa pun yang memiliki klub perlu memahami apa yang mereka ambil dan memiliki beberapa tujuan serta budaya yang tepat di balik apa yang mereka coba lakukan.

Saat ditanya apakah dia hanya perlu mengumpulkan 4 miliar poundsterling untuk membeli klub, O'Neill tidak mengesampingkan tawaran. "Saya tidak yakin apakah itu akan sebanyak itu (4 miliar poundsterling) tetapi mari kita lihat," katanya.

3. Investor AS

Pemilik dan perusahaan AS yang membeli saham di klub Liga Premier telah menjadi topik pembicaraan yang besar. Menurut penelitian oleh konsultan Deloitte, AS telah menjadi sumber lebih dari dua pertiga investasi di liga-liga terbesar Eropa selama lima tahun terakhir, dengan masuknya ekuitas swasta.

4. Pembeli dari Timur Tengah

Beberapa pengambilalihan klub-klub Eropa dari investor yang terkait dengan negara-negara tersebut. Saingan Manchester United, Manchester City dimiliki oleh Abu Dhabi United Group. Sementara Newcastle United baru-baru ini diambil alih oleh konsorsium yang dipimpin olehSaudi Arabia Public Investment Fund.

Paris Saint-Germain dimiliki oleh Qatar Sports Investments dan mungkin ada negara lain yang tertarik dengan Manchester United.

5. Elon Musk

Elon Musk, orang terkaya di dunia ini sempat bikin heboh karena berkicau di Twitter bahwa dia akan membeli Manchester United. Namun, ia kemudian mengklarifikasi bahwa cuitannya adalah lelucon.

Simak juga Video: Fans Cristiano Ronaldo Ramai-ramai Unfollow Instagram MU

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT