ADVERTISEMENT

Mengintip Harta Kekayaan Cristiano Ronaldo, Awas Kaget

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 24 Nov 2022 13:03 WIB
Portugals forward Cristiano Ronaldo attends a training session at Cidade do Futebol training camp in Oeiras, Portugal, on September 20, 2022. Portugals football team started on Tuesday the preparation for the upcoming UEFA Nations League matches against Czech Republic and Spain. (Photo by Pedro Fiúza/NurPhoto via Getty Images)
Cristiano Ronaldo/Foto: NurPhoto via Getty Images/NurPhoto
Jakarta -

Cristiano Ronaldo dan Manchester United sepakat berpisah bulan ini. 'Perceraian' antara Ronaldo dengan Sentan Merah berawal dari wawancara kontroversial yang dilakukan sang striker bersama Piers Morgan bulan ini.

Dalam sesi tanya jawab itu, Ronaldo banyak mengkritik MU, sesuatu yang sebetulnya haram dilakukan. Padahal setiap pemain di Premier League diketahui tak boleh menerima wawancara tanpa seizin klub, dan tak boleh menulis atau mengatakan apapun yang bisa memberi citra buruk terhadap klub.

Apa yang dilakukan Ronaldo jelas melanggar ketentuan di atas. Ia diperkirakan sengaja melakukannya demi bisa pindah dari MU. Wawancara itu pula yang menjadi dasar bagi MU untuk memutus kontraknya tanpa memberikan kompensasi.

Selain kompensasi, klub sepak bola The Red Devils itu juga dikabarkan tidak perlu membayar sisa gaji Ronaldo. Dilaporkan Sky Sports dan ESPN, MU tak perlu membayar uang sebesar 15-16 juta Pound (sekitar 282,4 -301,2 miliar Rupiah), yang merupakan sisa gaji Cristiano Ronaldo hingga Juni 2023.

Meski MU tidak memberikan "harta gono gini" kepada Ronaldo, sang pemain juga disebut tak masalah dengan langkah ini. Hal ini tentu tidak mengherankan, terlebih mengingat bagaimana Ronaldo merupakan pesepakbola terkaya di dunia.

Dilansir dari Celebrity Net Worth, diperkirakan Ronaldo memiliki harta mencapai US$ 500 juta atau setara Rp 7,8 triliun (kurs Rp 15.600). Nilai itu masih jauh lebih rendah dibandingkan harga jual MU.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari Forbes, penghasilan bersih Ronaldo diperkirakan sekitar US$ 100 juta atau setara Rp 1,56 triliun. Angka itu menempatkan Ronaldo di posisi ketiga dalam daftar atlet sepak bola dengan bayaran tertinggi di dunia yang dirilis pada 2022.

Penghasilan bersih itu didapat dari bayaran di lapangan yang diperkirakan mencapai US$ 40 juta atau setara Rp 624 miliar. Lalu khusus di luar lapangan diperkirakan mencapai US$ 60 juta atau setara Rp 936 miliar yang berasal dari kontrak dengan brand ternama seperti Nike, Herbalife, dan Livescore.

Selain sumber pendapatan di atas, Cristiano Ronaldo juga memiliki dan menjalankan bisnis merek pakaiannya sendiri, CR7. Dia juga memiliki hotel bermerek di bawah CR7 Line-nya melalui perusahaan Pestano Lifestyle Hotels.

Lihat juga video 'Fans Cristiano Ronaldo Ramai-ramai Unfollow Instagram MU':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT