Dua Orang Indonesia Ini Ternyata Lebih Tajir Ketimbang Jack Ma Lho

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Dua Orang Indonesia Ini Ternyata Lebih Tajir Ketimbang Jack Ma Lho

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 26 Nov 2022 13:10 WIB
Pendiri Alibaba Jack Ma kembali tiarap setelah sempat hilang dari publik, mengapa demikian?
Foto: Dok Detikcom: Michael Bambang Hartono, Bos Grup Djarum
Jakarta -

Jack Ma dikenal sebagai salah satu pebisnis sukses di dunia. Berangkat dari bukan siapa-siapa, Jack Ma berubah jadi crazy rich berkat bisnis e-commerce yang sukses.

Pria asal China ini merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif Alibaba Group. Tak hanya terkenal di China, nama Jack Ma cukup tenar di Indonesia.

Jack Ma pernah disambut dengan hangat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor pada 2018 lalu. Kala itu, Jokowi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Jack Ma ke Indonesia. Apalagi Jack juga menghadiri closing ceremony Asian Games 2018 di Stadion GBK, Jakarta.

Berkat Alibaba Group-nya yang sukses, Jack Ma terus mengumpulkan pundi kekayaan. Berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes per 23 November 2022, ia tercatat memiliki harta kekayaan mencapai US$ 21,7 miliar atau sekitar Rp 336,9 triliun (kurs Rp 15.600). Fantastis bukan?

Meski demikian, ternyata ada lho orang Indonesia yang lebih kaya dibandingkan Jack Ma. Siapa orangnya? Mereka adalah Hartono bersaudara, pemilik Djarum.

Masih berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes, per 26 November 2022, harta kakak beradik Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono ini lebih tinggi dibandingkan Jack Ma. Robert Budi Hartono tercatat memiliki harta US$ 23,3 miliar atau Rp 361,92 triliun (kurs Rp 15.600)

Sementara itu kekayaan sang kakak, Michael Bambang Hartono ditaksir US$ 22,3 miliar atau Rp 347,88 triliun. Jika digabungkan, saat ini total kekayaan Hartono bersaudara mencapai Rp 709,08 triliun.

Kakak beradik tersebut mendapatkan sebagian besar kekayaannya dari investasi di BCA. Keluarga Hartono membeli saham BCA setelah keluarga taipan lainnya, yakni keluarga Salim, kehilangan kendali bank selama krisis ekonomi Asia 1997-1998.

Mereka juga menjadi kaya raya berkat bisnis tembakaunya, Djarum. Djarum kini merupakan salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, mereka juga memiliki merek elektronik populer Polytron, real estat di Jakarta, dan saham di startup gaming Razer. Keduanya dinobatkan menjadi orang terkaya di Indonesia hingga sekarang ini.

Sementara kekayaan Jack Ma yang terus merosot sejak tahun lalu, harta kekayaan Hartono Bersaudara malah semakin meningkat dan bisa menyalip Jack Ma. Jadi, kini ada dua orang Indonesia yang sudah mengalahkan harta Jack Ma.

Sebagai catatan, daftar peringkat orang terkaya dunia di dalam Real Time Billionaires Forbes terus berubah setiap waktunya. Forbes menggunakan nilai saham yang dimiliki para konglomerat di dunia sebagai perhitungan untuk mengetahui jumlah kekayaan yang dimiliki.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT