Bangga Ekonomi di Daerah Ada yang Tumbuh 27%, Jokowi: Negara Lain Nggak Ada

ADVERTISEMENT

Bangga Ekonomi di Daerah Ada yang Tumbuh 27%, Jokowi: Negara Lain Nggak Ada

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 26 Nov 2022 15:21 WIB
Relawan Presiden Joko Widodo yang terhimpun dalam Gerakan Nusantara Bersatu bertemu Jokowi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (26/11/2022).
Foto: Kenny Gida
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong masuknya investasi ke daerah-daerah. Masuknya Investasi akan menciptakan lapangan pekerjaan, menciptakan kawasan industri, hingga memajukan perekonomian daerah.

Jokowi mencontohkan Maluku Utara yang melesat ekonominya berkat kawasan ekonomi Weda Bay. Pertumbuhan ekonomi Maluku Utara mencapai 27%, dan tidak terjadi di negara manapun.

"Contoh di Maluku utara dengan Weda Bay, pertumbuhan ekonomi Maluku Utara sampai angka 27%. Nggak ada di dunia bisa provinsi tumbuh 27%," katanya dalam acara Nusantara Bersatu, dikutip dari laman YouTube 2045TV, Sabtu (26/11/2022).

Oleh karena itu, ia mendorong masyarakat mendukung program investasi. Tujuannya adalah menciptakan titik-titik pertumbuhan ekonomi, terutama di luar pulau Jawa.

"Maluku Utara jadi titik sentra ekonomi baru, karena ada kawasan industri Weda Bay. Kalau titik-titik pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin banyak di luar jawa, maka lapangan kerja terbuka sebanyak-banyaknya," ungkapnya.

Jokowi menyebut Indonesia menghadapi persoalan lapangan kerja karena jumlah penduduk yang tinggi. Namun jika bisa diatasi akan membantu pertumbuhan ekonomi daerah.

Jokowi turut menyinggung soal pembangunan infrastruktur. Program infrastruktur yang digencarkan pemerintah bertujuan memperlancar arus distribusi logistik dan manusia, yang membantu mempercepat pembangunan.

"Pembangunan infrastruktur besar-besaran selama 8 tahun, hasilnya mulai kita rasakan. Tetapi akan lebih dirasakan itu 5-10 tahun mendatang, itu akan dirasakan oleh anak cucu kita," pungkasnya.

Simak Video 'Jokowi Kerap Ubah Dukungan, Pengamat: Cara Jokowi Dukung Semua Capres':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT