Singgung Tak Tunduk Saat Salaman dengan Biden & Xi Jinping, Jokowi: RI Negara Besar!

ADVERTISEMENT

Singgung Tak Tunduk Saat Salaman dengan Biden & Xi Jinping, Jokowi: RI Negara Besar!

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 26 Nov 2022 13:24 WIB
NUSA DUA, INDONESIA - NOVEMBER 15: President Joe Biden of the United States  (L) is greeted by the President of the Indonesian Republic Joko Widodo during the formal welcome ceremony to mark the beginning of the G20 Summit on November 15, 2022 in Nusa Dua, Indonesia. The G20 meetings are being held in Bali from November 15-16. (Photo by Leon Neal/Getty Images,)
Foto: Leon Neal/Getty Images: Presiden Joko Widodo dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan bahwa Indonesia adalah bangsa besar. Ia meminta masyarakat yakin, optimis, dan percaya dengan kemampuan diri sendiri.

Jokowi menceritakan pengalamannya bertemu pemimpin negara-negara besar pada gelaran G20 di Bali. Saat Bersalaman dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping, Jokowi melakukannya dengan tegak dan tidak menunduk.

"Waktu kemarin di G20, semua lihat kan? Kita mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak di antara negara-negara besar dunia. Saya waktu salaman dengan mereka, dengan Presiden Joe Biden, saya salaman juga," kata Jokowi sambil menirukan gesturnya yang berdiri tegak dan membusungkan dada, dikutip dari laman YouTube 2045 TV, Sabtu (26/11/2022).

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. (Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. (Biro Pers Sekretariat Presiden) Foto: Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden AS Joe Biden. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Tidak hanya Joe Biden, gestur salaman sambil membusungkan dada juga dilakukan Jokowi saat bersalaman dengan Xi Jinping dan pemimpin-pemimpin Eropa.

"Waktu salaman dengan Presiden Xi Jinping, di sana negara besar kita negara besar. Saya salaman juga begini (menirukan gestur membusungkan dada dan mendongakkan kepala). Dengan negara-negara Eropa, kita juga tidak menunduk-nunduk," ungkapnya, disambut tepuk tangan relawan.

Jokowi berpesan Indonesia harus percaya diri dan optimis. Indonesia juga harus mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak.

Sebagai negara yang besar Indonesia bercita-cita menjadi negara yang maju. Hal tersebut bisa dilakukan dengan kerja keras tinggi dan tidak mengeluh.

"Optimis mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak. Bahwa kita adalah bangsa besar yang memiliki keinginan untuk jadi negara maju. dengan kerja keras yang tinggi tanpa lelah, tanpa menyerah, jangan dikit-dikit ngeluh," pungkasnya.

Jokowi dan Xi JinpingJokowi dan Xi Jinping Foto: YouTube Sekretariat Presiden

Simak Video 'Cerita Jokowi Pede Salaman dengan Joe Biden dan Xi Jinping':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT