Jokowi Kagumi Mandalika: Titik Ekonomi Baru Setelah Ada MotoGP

ADVERTISEMENT

Jokowi Kagumi Mandalika: Titik Ekonomi Baru Setelah Ada MotoGP

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 26 Nov 2022 16:17 WIB
World Superbike Indonesia Round (WSBK) 2022 akan digelar di Pertamina Mandalika Circuit. Intip yuk kondisi sirkuitnya.
Foto: Dok. ITDC: Sirkuit Mandalika
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan pentingnya infrastruktur bagi pertumbuhan ekonomi. Dengan infrastruktur yang mumpuni, daerah-daerah yang potensial bisa memberi dampak ekonomi besar.

Jokowi mencontohkan daerah Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang lebih dikenal berkat infrastruktur mumpuni. Hadirnya sirkuit Mandalika yang menjadi tempat digelarnya MotoGP juga menghadirkan titik ekonomi baru.

"Saya contohkan di Mandalika. Dulunya Mandalika itu memang pantainya cantik. Tapi tidak ada infrastruktur, tidak disiapkan dengan baik. Tapi setelah adanya sirkuit MotoGP, sekarang Mandalika jadi titik ekonomi baru," katanya dalam acara Nusantara Bersatu, dikutip dari laman YouTube 2045 TV, Sabtu (26/11/2022).

Jokowi menekankan pentingnya pemerataan pembangunan agar tidak terpusat hanya di pulau Jawa. Menurutnya, Indonesia punya daerah cantik lainnya yang bisa dimanfaatkan menjadi titik perekonomian baru.

"Coba bapak ibu kalau mau liat cantiknya pantai-pantai dan laut, kita datang ke Labuan Bajo, yang telah kita selesaikan, kita kerjakan. Itu juga titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa," ujarnya.

Daerah lainnya yang disinggung Jokowi adalah Likupang di Sulawesi Utara. Menurutnya, Likupang akan menjadi titik-titik pertumbuhan ekonomi baru Indonesia.

"Artinya tidak hanya di Jawa saja. Bapak ibu bisa lihat di luar Jawa berkembang, di Morowali, sekarang jadi kawasan daerah industri baru Indonesia," tutur Jokowi.

Simak Video 'Deklarasi Relawan Nusantara Bersatu: 2024 Manut Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT