Enaknya... Gaji PNS Singapura Naik di Atas Inflasi!

ADVERTISEMENT

Enaknya... Gaji PNS Singapura Naik di Atas Inflasi!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 28 Nov 2022 14:05 WIB
Halte bus di singapura. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi PNS Singapura/Foto: dikhy sasra
Jakarta -

Sebagian besar pegawai negeri sipil (PNS) Singapura akan mendapatkan kenaikan gaji yang melebihi tingkat inflasi inti di negara tersebut. Saat ini inflasi inti negara seribu satu larangan tersebut ada di level 5,1%.

Menteri Pelayanan Publik Singapura Chan Chun Sing menyebut upaya kenaikan gaji bagi PNS ini merupakan salah satu langkah tambahan dari berbagai bantalan sosial yang telah diberikan pemerintah kepada masyarakat.

Melansir dari channelnewsasia, Senin (28/11/2022), Chan mengatakan bahwa kenaikan gaji sekitar 5,1% atau lebih ini akan diberikan untuk semua PNS Singapura yang memenuhi kriteria. Ia bilang, ada sebagian kecil PNS yang tidak memenuhi kriteria kinerja sehingga kenaikan gajinya tak lebih dari 5,1%.

"Pemerintah memiliki semua paket lain ini untuk semua rumah tangga Singapura, yang menurut kami akan dapat memenuhi kebutuhan untuk membantu mereka yang paling membutuhkan," katanya.

"Langkah-langkah dukungan ini bersama-sama akan membantu meredam dampak perubahan inflasi yang tajam dan memberikan bantuan lebih lanjut bagi rumah tangga Singapura, dengan lebih banyak dukungan untuk kelompok berpenghasilan rendah hingga menengah," jelasnya lagi.

Lebih lanjut, Chan juga mengatakan Divisi Pelayanan Publik (PSD) akan mempertimbangkan penyesuaian tambahan upah akhir tahun untuk semua PNS demi mengimbangi mengantisipasi tingkat inflasi inti yang tinggi tahun ini.

Sebagai informasi, sebelumnya PSD telah mengumumkan bahwa PNS Singapura akan menerima gaji akhir tahun sebagai penghargaan atas kerja keras mereka. Namun pembayaran juga akan mempertimbangkan prospek ekonomi.

PNS akan menerima bonus akhir tahun sebesar 1,1 bulan gaji. Sedangkan pejabat tingkat junior akan mendapatkan tambahan satu kali pembayaran sebesar 700 dolar Singapura atau setara Rp7,98 juta (asumsi kurs Rp 11.417/dolar Singapura).

Diambil bersama dengan pembayaran tengah tahun, pegawai negeri akan menerima total 1,45 bulan dalam komponen variabel tahunan (AVC) setahun penuh, dengan mereka yang berada di tingkat yang lebih junior menerima tambahan satu kali hingga 1.100 dolar Singapura.

Lihat juga video 'Kata Anies Gaji PNS DKI Fresh Graduate Rp 12-18 Juta, Faktanya?':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT