Wow! Orang Terkaya RI Bikin Gedung Rp 15 M di Unand

ADVERTISEMENT

Wow! Orang Terkaya RI Bikin Gedung Rp 15 M di Unand

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 10:44 WIB
Gedung Unand
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Salah seorang pengusaha nasional Dato Sri Tahir meresmikan pemakaian pembangunan gedung Tahir Foundation Building, yang berlokasi di Universitas Andalas Padang, Jumat (2/12/2022).

Dalam sambutannya, Rektor Unand Yuliandri mengapresiasi Tahir yang sudah memberikan bantuan untuk pembangunan Tahir Foundation Building. Pembangunan labor didukung penuh oleh Ketua MA dan Ketua MK.

Sebelumnya kata Yuliandri, rencana pembangunan di Fakultas Hukum Universitas Andalas diinisiasi oleh Alm Prof BJ Habibie pada peletakan batu pertama tahun 2022 dengan rencana tiga blok. Kemudian Hakim Mahkamah Konstitusi yang juga Alumni Hukum Unand Prof Saldi Isra memfasilitasi bertemu dengan Tahir untuk melaksanakan kuliah umum di Universitas Andalas

"Alhamdulillah berkat jalan yang diberikan Allah SWT, setelah kuliah umum tersebut Bapak Tahir tergerak hatinya untuk membantu Universitas Andalas membangun gedung yang bagus ini," ucapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (2/12/2022).

Pihaknya berharap melalui gedung ini, akan lebih banyak lulusan Universitas Andalas yang memiliki karir sebagai penegak hukum berskala nasional. Saat ini banyak nama nama hebat alumni Fakultas Hukum Unand yang memiliki karir sebagai Hakim Agung dan Hakim Konstitusi.

Ke depannya kata Yuliandri, Unand mengundang dengan tangan terbuka semua praktisi - praktisi nasional, untuk membina dan melakukan praktik bagaimana peradilan sekarang. Bahkan kedepan mengundang hakim internasional untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa Unand.

"Tentu dengan hadirnya praktisi praktisi hukum, bisa meningkatkan kapasitas SDM Unand serta meningkatkan kualitas lulusan mahasiswa Hukum Unand. Siapapun nanti mahasiswa melakukan proses pendidikan di Universitas Andalas, maka bisa mengenang Prof Dr Tahir atas perhatian dan kepeduliannya terhadap Unand," jelasnya.

Dato Sri Prof, Dr Tahir dalam sambutannya merasa terhormat dan tersanjung bisa turut berpartisipasi untuk kemajuan Universitas Andalas. Pembangunan gedung ini yang paling bernilai adalah bagaimana melahirkan orang-orang yang hebat dalam peradilan hukum di Indonesia dalam 20 tahun ke depan.

"Semoga gedung ini bisa dimanfaatkan dengan baik, hingga 20 tahun kemudian bisa melahirkan tokoh-tokoh merubah bangsa ke arah lebih baik dalam bidang peradilan hukum," harapnya.

Tahir sedikit membuka sejarah dirinya aktif dalam bidang sosial, berkat dua mentornya Prof Hidayat Nur Wahid dan Mohammad Nur. Berbagai bantuan telah disalurkan, tidak hanya di Indonesia, tapi juga sampai ke Irak, Syria dan Lebanon.

"Saya bisa partisipasi bidang sosial merupakan suatu berkah untuk saya, bukan untuk orang lain. Karena aktif dalam bidang sosial tidak ada perbedaan derajat sebagai manusia. Hidup bukan untuk memperhitungkan loss dan profit, tapi akan lebih bermakna jika bisa bermanfaat bagi banyak orang," kata Tahir.

Tak hanya bantuan pembangunan, Tahir juga memberikan sejumlah bantuan dana untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dosen tenaga pendidikan, serta memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa Hukum Universitas Andalas

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT