Selain Inovasi, BRI Usung Aspek ESG di UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022

ADVERTISEMENT

UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR

Selain Inovasi, BRI Usung Aspek ESG di UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022

Erika Dyah - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 12:06 WIB
Dirut BRI Sunarso
Foto: detikcom
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) menyediakan wadah untuk UMKM lokal naik ke pasar global sejak tahun 2019 melalui ajang UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur. Pada penyelenggaraannya kali ini, BRI membawa semangat baru dengan mengedepankan aspek Environmental, Social, Governance (ESG) dalam proses kurasi UMKM yang akan hadir di pameran nantinya.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengungkapkan proses kurasi UMKM BRILianpreneur tahun ini berbeda dari sebelumnya. Jika sebelumnya lebih mengedepankan standar inovasi, kreativitas, dan kualitas, kali ini pihaknya menambah kriteria lain berupa standar ESG.

"Saya pikir di dunia sudah mulai concern terhadap ESG. Maka dalam kurasi tahun ini sudah memajukan kriteria yang berkaitan dengan ESG," tutur Sunarso dalam Konferensi Pers UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2022, Jumat (2/12/2022).

Adapun contoh penilaian kurasi yang berkaitan dengan aspek environment atau lingkungan, salah satunya berkaitan dengan produk yang diproduksi harus ramah lingkungan atau berasal dari bahan yang bisa didaur ulang dan biodegradable.

Sementara bicara soal kriteria sosial, ia mencontohkan UMKM yang terlibat harus fokus pada isu-isu pemberdayaan yang melibatkan banyak orang. UMKM juga bisa memerhatikan isu gender dengan memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan maupun laki-laki dalam produksi.

Tak ketinggalan, Sunarso menyebut isu disabilitas juga dinilainya jadi salah satu hal penting dalam penilaian kurasi UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur tahun ini.

"Disabilitas juga kita berikan kesempatan yang sama yang penting barang yang diproduksi dikehendaki oleh masyarakat," ungkapnya.

Berkaitan dengan kriteria Governance, ia menekankan kurasi UMKM tahun ini juga memerhatikan tata kelola yang baik dari para pelaku UMKM.

"Tidak hanya mengedepankan inovasi, kreativitas, dan kualitas tapi juga plus penerapan konsep-konsep ESG," tegasnya.



Simak Video "Kain Endek yang Erat Dengan Budaya Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT