Mentan Minta Supermarket Buka Pintu Lebar buat Buah Lokal

ADVERTISEMENT

Mentan Minta Supermarket Buka Pintu Lebar buat Buah Lokal

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 02 Des 2022 16:07 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo
Mentan Syahrul Yasin Limpo/Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom
Jakarta -

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mendorong buah-buahan lokal hasil petani di Indonesia bisa dijual juga di supermarket. Padahal menurutnya buah-buahan lokal memiliki kualitas yang bagus.

"Kurang apa manggis kita? kurang apa durian kita? Bagus banget. Besok saya ingin hortikultura dengan supermarket, Alfamart. Jawa Tengah masuk situ (buahnya), masuk situ semua, sekali kali ketas dikit," kata Syahrul dalam Pembukaan Jambore Hortikultura, Kamis (2/12/2022).

Ia pun menyayangkan jika buah-buahan lokal tidak diterima di supermarket, tetapi malahan buah impor yang lebih banyak diterima.

"Gimana sih buah Kalimantan nggak ada, masa tidak ada di supermarket sini. Buah-buah dari luar kau jual, rakyat mau dapat apa? Lebih murah, lebih manis. Tetapi rakyatmu dapat apa?" ucapnya.

"Buah kita kecut, kecutnya kecut manis. Kecut lebih banyak vitaminnya, kurus-kurus lebih kuat," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu dia juga menyinggung banyak pengimpor buah dan sayuran. Syahrul mengatakan hal dilakukan saat petani di Indonesia juga memiliki kemampuan menanam buah-buahan dan sayur yang bagus. Ia pun meminta agar bisa melawan pengimpor tersebut.

"Lawan-lawan yang mapan itu, orang-orang yang mapan itu kenapa emang yang tahu-tahu impor itu, lawan sedikit kenapa sih? Tidak berarti, tidak memperbolehkan impor, bukan haram," kata Syahrul dalam Pembukaan Jambore Hortikultura, Kamis (2/12/2022).

"Kau gila aja mau impor. Kau gila itu," lanjutnya.

Syahrul menegaskan petani di Indonesia masih bisa menanam sayur dan buah dengan kualitas yang bagus. Makanya, menurutnya untuk apa banyak impor dua komoditas tersebut.

"Orang rakyat kita bisa tanam kok Impor? Gila! Bukan berarti impor haram," lanjutnya.

"Kurang apa sih manggis kita? Kurang apa sih durian kita? Bagus banget . Pak Dirjen ada tugas terobos itu," tegasnya.

(ada/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT