Sembunyi di Jepang, Harta Kekayaan Jack Ma 'Hilang' Banyak Banget

ADVERTISEMENT

Sembunyi di Jepang, Harta Kekayaan Jack Ma 'Hilang' Banyak Banget

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 11:20 WIB
Jack Ma
Jack Ma Sembunyi di Jepang/Foto: Getty Images
Jakarta -

Mantan orang terkaya China, Jack Ma, saat ini dilaporkan sedang 'bersembunyi' di Tokyo, Jepang, setelah dirinya sempat menghilang dari pandangan publik. Dikatakan bahwa dirinya sudah tinggal di Jepang selama hampir enam bulan bersama keluarganya.

Melansir dari Japan Today, miliarder itu tidak menonjolkan diri di hadapan publik sejak regulator China membatalkan IPO Ant Group dan memberikan denda yang sangat besar terhadap Alibaba.

Meski demikian, selama enam bulan terakhir, ia tengah menyibukkan diri dengan menjadi kolektor barang seni dan melukis. Selain itu, Jack Ma juga menggunakan waktunya di Jepang untuk menjajaki kemungkinan bisnis lain. Di luar itu dirinya juga dikabarkan sering berpergian ke Amerika Serikat dan Israel, tanpa diketahui maksud dan tujuannya.

Namun terlepas dari itu semua, diketahui bahwa saat ini harta kekayaan miliknya terus mengalami penurunan. Bahkan selama setahun terakhir Jack Ma telah kehilangan ratusan triliun rupiah.

Melansir dari Forbes Real Time Billionaire, Senin (5/12/2022), saat ini harta kekayaan Jack Ma ditaksir sebanyak US$ 23,2 miliar atau sekitar Rp 357,28 triliun (kurs Rp 15.400/dolar AS).

Padahal sebelumnya pendiri Alibaba ini mengantongi harta kekayaan lebih dari US$ 48,4 miliar atau sekitar Rp 745,36 triliun pada 2021 lalu.

Angka tersebut tentu saja kurang dari setengah kekayaan yang dimiliki Jack Ma tahun lalu. Artinya sepanjang tahun 2021 sampai saat ini dirinya telah kehilangan sekitar Rp 388,08 triliun.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT