Harta Jack Ma Banyak yang 'Hilang', Kekayaannya Kini Disalip Orang Indonesia

ADVERTISEMENT

Harta Jack Ma Banyak yang 'Hilang', Kekayaannya Kini Disalip Orang Indonesia

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 13:31 WIB
Jack Ma
Jack Ma Ngumpet di Jepang/Foto: Getty Images
Jakarta -

Jack Ma merupakan seorang pebisnis asal Negeri Tirai Bambu yang mungkin sudah banyak dikenal orang. Dia merupakan pendiri sekaligus Chairman Eksekutif dari Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di China.

Namun saat ini Jack Ma sendiri diketahui tengah "bersembunyi" di Tokyo setelah dirinya sempat menghilang dari pandangan publik. Dikatakan bahwa dirinya sudah tinggal di Jepang selama hampir enam bulan bersama keluarganya.

Melansir dari Japan Today, miliarder itu tidak menonjolkan diri di hadapan publik sejak regulator China membatalkan IPO Ant Group dan memberikan denda yang sangat besar terhadap Alibaba.

Meski demikian, selama enam bulan terakhir, ia tengah menyibukan diri dengan menjadi kolektor barang seni dan melukis. Selain itu, Jack Ma juga menggunakan waktunya di Jepang untuk menjajaki kemungkinan bisnis lain.

Terlepas dari itu semua, diketahui bahwa saat ini harta kekayaan miliknya terus mengalami penurunan. Hal ini tersebut disebabkan karena adanya tekanan dari pemerintah China kepada perusahaan-perusahaan besar di negaranya, termasuk perusahaan milik Jack Ma ini.

Padahal sebelumnya ia dikenal sebagai orang terkaya di China dengan harta lebih dari US$ 48,4 miliar atau sekitar Rp 745,36 triliun pada 2021 lalu. Namun saat ini kekayaannya telah merosot cukup jauh.

Melansir dari Forbes Real Time Billionaire, Senin (5/12/2022), saat ini harta kekayaan Jack Ma ditaksir sebanyak US$ 23,2 miliar atau sekitar Rp 357,28 triliun (kurs Rp 15.400/dolar AS).

Angka tersebut tentu saja kurang dari setengah kekayaan yang dimiliki Jack Ma tahun lalu. Artinya sepanjang tahun 2021 sampai saat ini dirinya telah kehilangan sekitar Rp 388,08 triliun.

Adapun bila dibandingkan dengan orang terkaya di Indonesia, harta kekayaan yang dimiliki oleh Jack Ma saat ini masih lebih sedikit dari pada Hartono bersaudara. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa saat ini Hartono bersaudara masih lebih kaya dari pada Jack Ma.

Masih berdasarkan data dari Forbes Real Time Billionaire, per Senin (5/12) ini R. Budi Hartono selaku orang terkaya di RI ditaksir memiliki kekayaan mencapai US$ 23,5 miliar atau sekitar Ro 361,9 triliun. Jumlah ini tentu sedikit lebih besar dari harta milik Jack Ma.

Sementara itu Michael Hartono saat ini ditaksir memiliki kekayaan sekitar US$ 22,6 miliar atau setara dengan Rp 348,04 triliun. Adapun saat ini total kekayaan Hartono bersaudara jadi Rp 709,94 triliun.

Jadi dapat dilihat bahwa Hartono bersaudara masih lebih kaya daripada Jack Ma dengan selisih harta kekayaan mencapai Rp 352,66 triliun.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT