Laporan Keberlanjutan GoTo Raih Penghargaan Emas ASRRAT 2022

ADVERTISEMENT

Laporan Keberlanjutan GoTo Raih Penghargaan Emas ASRRAT 2022

Yudistira Imandiar - detikFinance
Senin, 05 Des 2022 16:27 WIB
GoTo
Foto: Dok. Gojek/Electrum
Jakarta -

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) meraih penghargaan Emas dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2022. Penghargaan laporan keberlanjutan perusahaan itu diserahkan pada Kamis (24/11).

ASRRAT adalah ajang penilaian kesesuaian laporan keberlanjutan (Sustainability Report) yang diinisiasi oleh National Center for Sustainability Reporting sejak 2005. Penilaian laporan dilakukan oleh Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP) berdasarkan pada standar terkemuka dunia, yakni Global Reporting Initiative (GRI).

Ini merupakan kali kedua Grup GoTo menerima penghargaan Emas dari ASRRAT. Sebelumnya, laporan keberlanjutan perdana Gojek pada tahun 2021 juga meraih peringkat Emas ASRRAT 2021.

Ketua Dewan Juri ASRRAT 2022, Prof. Eko Ganis Sukoharsono mengatakan pandemi COVID-19 telah membawa banyak pelajaran bagi profesi sustainability practitioner. Berbagai solusi dan inovasi telah dikembangkan. Tiga tahun Indonesia dan dunia berada di masa Covid-19, inovasi yang mengejutkan hadir melalui standar baru GRI, yang disebut GRI Standards 2021.

"Penilaian didasarkan pada tingkat kepatuhan pelaporan keberlanjutan terhadap Standar GRI. Kami melibatkan penilai dari sarjana independen dari 15 universitas di Indonesia, dan satu penilai dari University of Essex UK," lanjut Prof. Eko dalam keterangan tertulis, Senin (5/12/2022).

Pada kesempatan yang sama, Head of Sustainability GoTo Group Tanah Sullivan menyampaikan ini merupakan laporan keberlanjutan GoTo pertama sejak penyatuan Gojek dan Tokopedia. Laporan itu berisi informasi komprehensif mengenai langkah dan upaya yang telah perusahaan lakukan dalam meraih target Tiga Nol di seluruh entitas dibawah naungan GoTo.

GoToFoto: GoTo

Tanah menyebut laporan ini bermanfaat untuk memastikan akuntabilitas GoTo dalam upayanya mencapai Komitmen Tiga Nol, serta dalam rangka memenuhi kewajibannya sebagai emiten di Bursa Efek Indonesia.

"Kami merasa terhormat untuk menerima peringkat Emas di Asia Sustainability Reporting Rating untuk dua tahun berturut-turut. Kami telah membangun praktik kelas dunia dalam segala hal yang kami lakukan untuk mencapai komitmen Tiga Nol kami, mulai dari bagaimana perusahaan kami beroperasi, menetapkan strategi, dan memprioritaskan tujuan," jelas Tanah.

Ia menambahkan GoTo juga telah berkomitmen menerbitkan peta jalan untuk komitmen Tiga Nol di situs web resmi GoTo dalam waktu dekat. Dengan adanya peta jalan itu, para pemangku kepentingan dapat memantau kemajuan dan kinerja ESG perusahaan secara real time.

GoToFoto: Dok. GoTo

GoTo menjadi penandatangan Stakeholder Capitalism Metrics yang dikeluarkan oleh Forum Ekonomi Dunia pada tahun 2021. Adapun laporan Keberlanjutan GoTo terindeks pada standar GRI, standar SASB untuk transportasi jalan dan industri e-commerce dan persyaratan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK), serta mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam Laporan Keberlanjutan 2021 GoTo Group, disebutkan bahwa komitmen Tiga Nol tersebut adalah Nol Emisi Karbon (Zero Emissions), Nol Sampah (Zero Waste), dan Nol Hambatan (Zero Barriers).

(akd/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT