Semeru Erupsi, Jadwal Penerbangan dan Penyeberangan Masih Normal

ADVERTISEMENT

Semeru Erupsi, Jadwal Penerbangan dan Penyeberangan Masih Normal

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 11:12 WIB
Gunung Semeru
Gunung Semeru Erupsi (Foto: Dok. BNPB)
Jakarta -

Gunung Semeru mengalami erupsi pada akhir pekan lalu. Awan panas menyelimuti kawasan sekitar Lumajang Jawa Timur, hingga status gunung kini berada pada level 4.

Meski demikian, kejadian tersebut belum berdampak pada aktivitas penerbangan dan penyeberangan di sekitar kawasan.

Terpantau dari situs resmi Bandara Internasional Juanda, Selasa (06/12/2022), jadwal penerbangan terpantau masih normal. Nampak hanya ada satu penerbangan delay karena alasan operasional yakni Wings Air dengan nomor penerbangan IW-1804 menuju Sampit.

Sementara sisanya, terpantau aman untuk penerbangan sebelum jam 12 siang ini. Tiga pesawat yakni SUper Air Jet tujuan Banjarmasin, Lion Air tujuan Ujung Pandang dan Super Air Jet tujuan Samarinda, telah boarding tepat waktu.

Informasi ini pun dikonfirmasi oleh Humas PT Angkasa Pura (AP) I dan Stakeholder Relation Manager Bandara Juanda Yuristo Ardhi Hanggoro. Ia mengatakan, sejauh ini operasional masih berjalan normal.

"Normal operasinya," ujar Yuristo, saat dihubungi detikcom, Selasa (06/12/2022).

Pada hari Senin kemarin, Yuristo juga sempat menyampaikan hal serupa, di mana belum ada dampak atas peristiwa erupsi Semeru. Setiap harinya, pihak bandara melakukan paper test untuk mengetahui dampak sebaran abu vulkanis di bandara. Dan hasilnya sampai Senin pagi tadi ialah negatif.

Penyeberangan Juga Normal

Kondisi serupa juga terlihat pada laman Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) di Pelabuhan Surabaya. Terpantau untuk tujuan ke Pelabuhan Benoa Denpasar, jadwal perjalanan berjalan normal dengan 1 keberangkatan Kapal Pelni KM Leuser kelas ekonomi di jam 8 pagi.

Kondisi ini pun dikonfirmasi oleh Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin. Ia mengatakan, layanan operasional penyeberangan cabang Surabaya dan Ketapang berjalan lancar.

"Sejauh ini layanan operasional di Cabang Surabaya (lintasan ujung-kamal) dan Cabang Ketapang (lintasan Ketapang-Gilimanuk) berjalan lancar, dan tidak ada penghentian/penutupan layanan," katanya, melalui pesan teks yang diterima detikcom.

Meski demikian, Shelvy mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi, khususnya dengan BMKG terkait dengan aktivitas dan perkembangan kondisi cuaca, untuk memastikan layanan tetap berjalan dengan aman.

"Kami menghimbau kepada seluruh pengguna jasa penyeberangan, agar tetap waspada dengan potensi cuaca ekstrem, mempersiapkan perjalanan dengan baik, dan wajib membeli tiket secara online via Ferizy khususnya di lintas Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk," pungkasnya.

Lihat video 'Status Masih Awas, Gunung Semeru Muntahkan Lava Pijar':

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT