Berapa Gaji Terakhir Sambo Hingga Punya Ratusan Juta di Rekening Orang Lain?

ADVERTISEMENT

Berapa Gaji Terakhir Sambo Hingga Punya Ratusan Juta di Rekening Orang Lain?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 06 Des 2022 15:57 WIB
Ferdy Sambo menjalani sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Sedangkan istrinya, Putri Candrawathi hadir virtual karena positif COVID-19, Selasa, 22/11/2022.
Ferdy Sambo Jalani Sidang/Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Ferdy Sambo diketahui membuka sejumlah rekening dengan menggunakan nama orang lain untuk keperluan operasional rumahnya di Magelang, Jawa Tengah. Jumlah saldo yang ada di rekening tersebut mencapai ratusan juta.

Hal tersebut disampaikan Bripka Ricky Rizal dalam sidang Richard Eliezer dan Kuat Ma'ruf di PN Jaksel, Senin (5/12/2022) kemarin.

Namun yang jadi pertanyaan saat ini adalah, berapa sih gaji Sambo saat masih aktif di Polri hingga bisa memiliki rekening atas nama orang lain dengan saldo mencapai ratusan juta?

Diketahui bahwa sebelumnya, sebagai sosok pejabat di jajaran teratas Polri, Ferdy Sambo tentunya mendapatkan berbagai macam fasilitas termasuk gaji dan tunjangan yang relatif besar.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2019 terdapat empat golongan yang ada dalam aturan penetapan gaji pokok tersebut. Ferdy Sambo sendiri masuk golongan IV dengan pangkat Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol), di mana besaran gajinya berkisar dari Rp 3.393.400 - Rp 5.576.500

Selanjutnya, melansir lamanpuskeu.polri.go.id, anggota Polri menerima gaji dan tunjangan yang meliputi gaji pokok, tunjangan suami/istri, tunjangan anak, tunjangan pangan/beras, tunjangan umum dan tunjangan jabatan struktural/fungsional.

Secara khusus, berdasarkan peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2015 tentang Tata cara Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan Polri, Ferdy tergolong dalam kelas jabatan 17.

Dengan demikian, besaran gaji pokok yang dapat diterima Irjen Ferdy Sambo sebesar Rp 3.393.400 - Rp 5.576.500. Selain itu, sebagai seorang Irjen, Ferdy Sambo menduduki kelas jabatan 17 dengan besaran tukin sebesar Rp 29.085.000.

Jadi, berdasarkan asumsi kasar tersebut Ferdy Sambo berhak menerima penghasilan paling kecil Rp 31.375.500 dan paling besar Rp 36.952.000 beserta tunjangan lain yang bersifat melekat saat menjabat sebagai Irjen.

Lihat juga Video: Kesalnya Kombes Susanto ke Sambo: Jenderal Kok Bohong!

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT