Dirjen Pajak Bongkar 'Dosa' PNS DJP, Ratusan Orang Dipecat

ADVERTISEMENT

Dirjen Pajak Bongkar 'Dosa' PNS DJP, Ratusan Orang Dipecat

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 07 Des 2022 14:05 WIB
Infografis Pemeriksaan Penunggak Pajak
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan semakin gencar melakukan penegakan hukuman disiplin kepada para pegawai. Banyak dari mereka turut dikenakan hukum disiplin dari tingkatan ringan hingga berat.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Suryo Utomo mengatakan tiga tahun terakhir ini menjadi pemberian hukuman disiplin terbanyak yang dikenakan kepada para pegawai pajak.

"Hukuman disiplin ringan 718 di 2019 sampai saat ini, sedang 199, berat 349. Akeh (banyak) toh, kalau saya boleh jujur mungkin ini rekor untuk penegakan hukuman disiplin di DJP," kata Suryo dalam Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) DJP 2022, dikutip Rabu (7/12/2022).

Pemberian sanksi menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hukuman terberat dalam PP itu adalah pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

"Jadi multiple, yang paling berat pemberhentian tidak atas permintaan sendiri, itu yang paling berat, maju sedikit ya atas permintaan sendiri," ucap Suryo.

Suryo menjelaskan penegakan hukum disiplin paling berat adalah untuk kasus fraud, yaitu melakukan pekerjaan dengan mengharapkan atau meminta imbalan kepada wajib pajak. Kedua, hidup satu atap layaknya suami istri tanpa menikah.

"Fraud itu trigger pertama yang paling berat dan paling banyak pada waktu kita menegakkan hukuman disiplin. Kedua yang paling banyak itu hidup serumah tanpa menikah, itu ada juga," bebernya.

Suryo menyebut penegakan hukum disiplin ini menjadi penting untuk menjaga dan menegakkan integritas maupun profesionalitas para pegawai pajak. Para pegawai pajak yang telah dikenakan sanksi terdiri dari berbagai wilayah di antaranya Pontianak, Bandung, Pekanbaru, hingga Pematang Siantar.

"Teman-teman di bawah ini butuh penglihatan, benar nggak sih pimpinan DJP atau yang lain punya komitmen sama untuk pemberantasan atau jagain institusi dari sesuatu yang namanya korupsi, ini ya kita tunjukkin aja," kata dia.

Simak Video: Detik-detik Buronan Pajak BBM Rp 5 M Ditangkap di PN Jambi

[Gambas:Video 20detik]



(aid/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT