Startup Konten Kreator Dibekingi Triawan Munaf Dapat Guyuran Modal Rp 205 M

ADVERTISEMENT

Startup Konten Kreator Dibekingi Triawan Munaf Dapat Guyuran Modal Rp 205 M

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 07 Des 2022 14:40 WIB
Petugas Cash Center BNI menyusun tumpukan uang rupiah untuk didistribusikan ke berbagai bank di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang tunai jelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua mengungkapkan jumlah transaksi penarikan uang tunai sudah mulai meningkat dibanding bulan sebelumnya yang bisa mencapai penarikan sekitar Rp1 triliun. Sedangkan untuk Natal dan tahun baru ini secara khusus mereka menyiapkan Rp3 triliun walaupun sempat diprediksi kebutuhannya menyentuh sekitar Rp3,5 triliun. (FOTO: Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Platform untuk konten kreator, TipTip mendapat pendanaan sebesar US$ 13 juta atau setara Rp 205 miliar. Pendanaan Seri A ini merupakan lanjutan dari pendanaan seed round senilai US$ 10 juta yang sebelumnya telah diterima pada awal tahun ini.

East Ventures merupakan investor utama dengan partisipasi dari beberapa investor, seperti Vertex, SMDV, BIG Ventures serta beberapa investor lainnya.

"Kami merasa sangat terhormat sekaligus bangga dengan kepercayaan serta dukungan berkelanjutan yang diberikan oleh para investor terkemuka di Asia Tenggara dalam pendanaan Seri A ini yang oversubscribed," kata CEO and Founder of TipTip Albert Lucius dalam keterangannya, Rabu (7/12/2022).

TipTip didirikan pada bulan Oktober 2021. TipTip merupakan sebuah marketplace yang menghubungkan para konten kreator dengan para pengikutnya. Melalui platform tersebut, para konten kreator memiliki kebebasan untuk membuat konten, memasarkan serta menjual langsung hasil kreasi mereka.

Sejak awal diperkenalkan ke masyarakat pada bulan Juli 2022, TipTip mendapatkan respon pasar yang sangat baik, sehingga tercatat peningkatan revenue lebih dari 20 kali lipat di dua bulan terakhir sejak Oktober 2022.

Tiptip telah menjadi rumah bagi lebih dari 2.500 konten kreator dan digunakan oleh lebih dari 30.000 pengguna. Di awal tahun depan, TipTip yakin dapat menggandeng lagi 30.000 lebih konten kreator dan menambah pengguna sebanyak 300.000. Rata-rata penghasilan yang didapatkan konten kreator serta pengikutnya, setelah 30 hari tergabung aktif di TipTip, berkisar di angka Rp 3 juta. Konten kreator bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual langsung konten mereka atau melalui jaringan konten promoter di TipTip, selain itu dapat juga dilakukan dengan melakukan live session dengan mengundang pengikut atau fans mereka.

"Kami memiliki kepercayaan penuh terhadap kepemimpinan Albert dalam membawa TipTip. Pengalaman Albert dalam membangun Kudo, sebelum di akuisisi oleh Grab di tahun 2017, telah terbukti dalam navigasi yang kuat untuk menghadapi gejolak ekonomi yang diperkirakan terjadi di tahun 2023," ujar Willson Cuaca, Co-Founder dan Managing Partner East Ventures.

Presiden Komisaris TipTip Triawan Munaf menuturkan, kehadiran TipTip diharapkan dapat menjadi solusi bagi para konten kreator di Tanah Air.

"Platform ini didirikan oleh anak bangsa Indonesia yang manajemennya juga didukung oleh banyak pemimpin handal dan berpengalaman yang berasal dari seluruh Asia Tenggara. Saya bangga menjadi bagian dari TipTip, dan sangat percaya bahwa TipTip sangat memahami kondisi ekosistem kreator saat ini dan langsung memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi para konten kreator di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia," ungkapnya.



Simak Video "Intip Keseruan Festival 'Serunya Indonesia' dari TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT