Penumpang Pesawat RI Diperkirakan Membludak, Maskapai Putar Otak

ADVERTISEMENT

Penumpang Pesawat RI Diperkirakan Membludak, Maskapai Putar Otak

Ilyas Fadilah - detikFinance
Rabu, 07 Des 2022 17:21 WIB
Ilustrasi keluarga naik pesawat
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Nadezhda1906
Jakarta -

Jumlah penumpang pesawat di Indonesia diperkirakan melampaui dari masa sebelum pandemi COVID-19. Hal ini dikatakan oleh Director of International Sales, Boeing Commercial Airplanes Samir Belyamani.

Samir memprediksi jumlah penumpang pesawat akan membludak seiring dengan pasar domestik dan regional yang terus tumbuh.

"Mengingat jumlah penumpang Indonesia yang diperkirakan akan melampaui kebutuhan masa pra-pandemi dalam beberapa tahun ke depan seiring pasar domestik regional yang terus tumbuh, sangatlah penting bagi industri penerbangan Indonesia untuk terus bekerja sama menciptakan kemajuan yang lebih baik lagi menuju pemulihan," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2022).

Dalam hal ini, Boeing dan Indonesia National Air Carriers Association (INACA) menyelenggarakan seminar yang berfokus pada pemulihan dan perluasan jaringan penerbangan. Seminar ini dihadiri para CEO dan direktur maskapai yang membidangi jaringan, pihak aviasi, praktisi aviasi, serta akademisi.

Samir menyebut, Boeing merasa terhormat bisa bekerja sama dengan INACA dan berdialog terkait industri penerbangan, pemulihan perjalanan udara dan perencanaan jaringan (network planning).

Tujuan dari seminar ini adalah untuk meningkatkan kapasitas penerbangan secara efektif dan efisien, agar tumbuh berkembang secara berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja menyebut Indonesia membutuhkan konektivitas transportasi yang terintegrasi untuk pemulihan industri penerbangan. Hal ini juga demi mendukung kelancaran mobilitas dan distribusi logistik, serta mengurangi disparitas ekonomi antar wilayah.

"Untuk mencapai konektivitas dan akses lalu lintas udara yang prima, diperlukan penataan kembali Hub dan Sub Hub Domestik, termasuk Hub Internasional", kata Denon yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Bidang Perhubungan KADIN Indonesia.

Lihat juga video 'Momen WNI Mabuk Bikin Rusuh Sampai Pesawat Mendarat Darurat':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT