Tak Bisa Sembarangan, Naik ke Candi Borobudur Bakal Pakai Sandal Khusus

ADVERTISEMENT

Tak Bisa Sembarangan, Naik ke Candi Borobudur Bakal Pakai Sandal Khusus

Antara - detikFinance
Kamis, 08 Des 2022 21:00 WIB
Petugas Balai Konservasi Borobudur (BKG) menunjukkan aus di bagian tangga dan relief Candi Borobudur, Magelang, Selasa (7/6/2022)
Candi Borobudur/Foto: Eko Susanto/detikJateng
Jakarta -

Pengelola Candi Borobudur, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC) akan menyediakan sandal khusus bagi wisatawan yang naik ke bangunan Candi Borobudur. Sandal khusus dengan nama upanat itu kini mulai disiapkan sebagai persiapan uji coba wisatawan naik ke bangunan candi.

Dikutip dari Antara, Kamis (8/12/2022), General Manager Borobudur Jamaludin Mawardi mengatakan, sandal tersebut dalam proses penyediaan di mana pihaknya menunggu waktu uji coba wisatawan bisa naik bangunan candi.

"Sandal upanat itu memang sudah dalam proses penyediaan karena kami menunggu waktu yang tepat kapan uji coba wisatawan bisa naik ke Candi Borobudur," katanya.

Ia mengatakan, salah satu syarat untuk naik ke Candi Borobudur menggunakan sandal khusus. Saat uji coba wisatawan naik ke bangunan candi, sandal upanat sudah harus tersedia.

"Pemesanan sandal upanat sesuai tamu yang naik, yang saat ini masih dalam pembatasan 1.200 orang per hari," katanya.

Sandal upanat yang dibuat salah satu perajin di Bumisegoro, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur.Sandal upanat yang dibuat salah satu perajin di Bumisegoro, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur. Foto: Eko Susanto/detikJateng



Oleh karena itu, dia menuturkan, minimal dalam sehari tersedia 1.200 pasang sandal upanat. Menurutnya, rencana simulasi naik ke bangunan Candi Borobudur dilakukan bertahap.

"Kemarin itu sebenarnya baru testing sistem, bagaimana proses reservasi, proses tiketnya, kemudian penerimaan di main gate, pembagian sandal upanat, pembagian pemandu wisata kemudian pemakaian sandal upanat di titik mana sampai pengaturan flow," katanya.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT