Di Penghargaan GDI, Zulhas: Desain Jadi Kunci Hadapi Persaingan Global

ADVERTISEMENT

Di Penghargaan GDI, Zulhas: Desain Jadi Kunci Hadapi Persaingan Global

Erika Dyah - detikFinance
Kamis, 08 Des 2022 23:28 WIB
Mendag Zulhas
Foto: Kemendag
Jakarta -

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan desain menjadi salah satu kunci penting dalam peningkatan nilai tambah dan daya saing produk di era persaingan perdagangan global. Hal ini ia sampaikan dalam penganugerahan penghargaan Good Design Indonesia (GDI) 2022.

Menurut Zulhas, diperlukan kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan desain sesuai tren dan selera di pasar tujuan dalam memenangkan persaingan global.

"Desain menjadi salah satu pemegang kunci penting dalam peningkatan nilai tambah dan daya saing produk. Desain tidak hanya berfungsi menambah estetika produk, tetapi juga dapat menjadi solusi atas kebutuhan konsumen," ungkap Zulhas dalam keterangan tertulis, Kamis (8/12/2022)

"Selain itu, untuk menghadapi persaingan di pasar global yang semakin kompetitif, diperlukan kreativitas dan inovasi yang ditunjang dengan desain yang sesuai tren dan selera di pasar tujuan," sambungnya.

Dalam kesempatan ini, Zulhas menyerahkan penghargaan kepada 50 pemenang penghargaan GDI 2022. Pemenang terbagi dalam tiga kategori, yakni GDI of The Year, GDI Best Design, dan GDI Good Design.

GDI of The Year diberikan kepada 1 produk, predikat Best Design diberikan kepada 10 produk, dan predikat GDI Good Desain diberikan kepada 40 produk. Pemenang GDI of The Year ialah Bata Interlock Reka Brock yang merupakan produk batu bata dengan teknologi saling mengunci (interlocking).

Teknologi batu bata ini dapat menghemat waktu dan biaya pembangunan rumah sebab mengeliminasi bahan perekat dan tenaga ahli. Masyarakat umum dapat melihat langsung 50 produk peraih GDI pada 6-9 Desember 2022 di Indonesia Design Development Center (IDDC) yang beralamat di Jl. Letjen S. Parman KAV 112, Jakarta Barat. Ia menyampaikan selamat kepada seluruh pemenang GDI dan G-Mark 2022.

"Teruslah berinovasi untuk menciptakan produk-produk berkualitas, berdaya saing dan berorientasi ekspor, hingga akhirnya dapat berkontribusi dalam peningkatan ekspor non-migas Indonesia. Kami nantikan karya Anda selanjutnya di GDI 2023," ujarnya.

Zulhas pun mengapresiasi seluruh pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan GDI 2022. Khususnya, kepada Japan Institut of Design Promotion (JDP) dan Japan External Trade Organization (JETRO), Dewan Pengarah, serta Tim Juri GDI 2022.

"Saya mengapresiasi dedikasi, kolaborasi, dan kerja samanya dalam GDI 2022. Ke depan, pada GDI 2023 saya berharap kita kembali dapat memperkuat sinergi untuk penguatan ekspor Indonesia pascapandemi," ujarnya.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT