Airlangga Klaim RI Sudah 'Lulus' dari Pandemi COVID-19, Catatannya Kinclong!

ADVERTISEMENT

Airlangga Klaim RI Sudah 'Lulus' dari Pandemi COVID-19, Catatannya Kinclong!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 20 Des 2022 15:12 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan Indonesia sudah lulus dari pandemi COVID-19. Airlangga menyatakan kejadian pandemi COVID-19 adalah krisis yang kemungkinan terjadi selama 100 tahun sekali.

Nah, Airlangga menilai Indonesia sudah bisa melewati masa pandemi COVID-19 dengan baik. Namun, banyak negara tak mengalami hal yang sama.

"Ini adalah krisis yang baru pertama dalam 100 tahun terakhir, semua negara mengalami hal yang sama namun keluarnya tak sama," ujar Airlangga dalam agenda peluncuran buku Penanganan dan Program PEN, di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Selasa (20/12/2022).

Airlangga menyebutkan saat ini Indonesia berhasil lulus dari kondisi COVID-19 dengan catatan yang kinclong. Dia memaparkan beberapa indikator ekonomi yang dinilai berada di level yang sangat aman.

Misalnya inflasi terkendali 5,42%, ekonomi tumbuh 5,72%, dan penanganan COVID-19 dengan kasus harian di bawah 5 ribu kasus.

"Indonesia hari ini lulus dengan inflasi terkendali 5,42%. Pertumbuhan ekonomi relatif baik, 5,72%, dan penanganan COVID-19 kasus harian di bawah 5.000. Banyak negara G20 bertanya bagaimana kita sukses tangani hal tersebut. Semua ada di dalam buku," ungkap Airlangga.

Airlangga menyatakan buku penanganan COVID-19 disusun sebagai catatan kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam rangka penanganan COVID-19. Diharapkan buku ini menjadi rekomendasi dan referensi bagi pemerintah maupun masyarakat bila krisis serupa terjadi.

Simak juga Video: Harapan WHO soal Pandemi Covid-19 di 2023

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT