Bocoran buat Toko Online Biar Diserbu Pembeli

ADVERTISEMENT

Bocoran buat Toko Online Biar Diserbu Pembeli

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 23 Des 2022 22:00 WIB
Ilustrasi Bisnis Online
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Diskon dan promo kerap dinanti menjelang akhir tahun. Animo masyarakat dalam berbelanja cenderung meningkat di periode tersebut termasuk berbelanja di toko online.

Salah satu aspek yang menjadikan periode kuartal empat momentum penting bagi pelaku e-commerce adalah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Snapcart mengadakan penelitian terkait perilaku belanja online masyarakat di tengah kemeriahan akhir tahun.

Metode yang digunakan adalah secara online selama 3 bulan, dan melibatkan 1.000 responden usia 20 -35 tahun di berbagai daerah Indonesia.

"Setiap tahunnya Harbolnas menjadi sarana para pemain e-commerce unjuk gigi dalam memberikan penawaran terbaik dan menghadirkan inovasi serta program baru guna meningkatkan daya saing. Survei Snapcart Indonesia melihat 95% responden mengaku telah memanfaatkan momentum 12.12 untuk berbelanja," ujar Direktur Snapcart Indonesia, Astrid Wiliandry dalam keterangan tertulis, Jumat (23/12/2022).

Dari riset ini 71% responden mengakui Harbolnas membantu untuk menghemat, 56% program yang menguntungkan, 50% bisa mendapat barang-barang yang menarik, dan 27% untuk memenuhi kebutuhan akhir tahun.

Dari tiga pemain utama, ditemukan mayoritas responden memilih Shopee saat Harbolnas, diikuti Tokopedia, lalu Lazada.

Shopee unggul pada indikator harga terjangkau sebesar 55%, lebih tinggi dari Tokopedia 46%, dan Lazada 43%. Shopee juga unggul gratis ongkos kirim sebesar 68%, lebih tinggi dari Tokopedia 66%, dan Lazada 57%.

Shopee juga lebih baik dalam hal Pilihan jenis kategori produk yang beragam dan lengkap sebesar 41%, lebih tinggi dari Tokopedia 40%, dan Lazada 21%. Untuk penyediaan fitur tambahan selain untuk berbelanja seperti game dan hiburan, Shopee unggul 28%, lebih tinggi dari Tokopedia 15% dan Lazada 18%.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT