Kapal Pesiar Mewah Rp 7,7 T Milik Jeff Bezos Diberi Nama Koru, Ini Artinya

ADVERTISEMENT

Kapal Pesiar Mewah Rp 7,7 T Milik Jeff Bezos Diberi Nama Koru, Ini Artinya

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 11 Jan 2023 20:30 WIB
Jeff Bezos
Jeff Bezos/Foto: AP/Reed Saxon
Jakarta -

Pendiri Amazon, Jeff Bezos memberikan nama baru untuk kapal pesiar mewah miliknya senilai US$ 500 juta atau Rp 7,72 triliun (kurs Rp 15.459). Nama yang diberikan yakni Koru, diambil dari kata Maori yang berarti 'awal baru'.

Dilansir Daily Mail, Rabu (11/1/2023), nama baru kapal pesiar mewah milik Jeff Bezos sepanjang 127 meter itu terungkap minggu ini ketika kapal mulai mentransmisikan sistem identifikasi otomatis (AIS). Kapal pesiar itu menjadi yang tertinggi di dunia, mengalahkan kapal penumpang laut terbesar Sea Cloud.

Sebelumnya Jeff Bezos sempat bikin heboh lantaran mau membongkar jembatan bersejarah di Kota Rotterdam Belanda, Koningshaven demi kapal pesiar mewahnya bisa lewat. Dia berani membayar berapapun untuk membongkar bangunan tersebut kemudian dibangun lagi.

Setelah mendapat protes dari publik setempat, niat itu pun diurungkan. Kapal pesiar akhirnya berlayar tanpa merusak jembatan dengan menyesuaikan tiang-tiang yang dipasang.

Kapal pesiar mewah milik Jeff Bezos yang panjangnya hampir dua kali panjang Airbus A380, pertama kali berlayar pada Agustus 2022. Tiang rangkap tiga yang mencapai ketinggian 70 meter lebih tinggi dari Piramida Agung Giza.

Desain Koru didasarkan pada salah satu kapal Jeff Bezos lainnya yakni Black Pearl. Kapal layar DynaRig itu merupakan yang terbesar di dunia, dengan tiga tiang karbon setinggi 70 meter yang dibangun pada 2018.

Kapal pesiar tersebut saat ini sedang menjalani uji coba laut dan kemudian akan dikirim ke Jeff Bezos. Harapannya pengiriman dapat dilakukan pada Februari 2023 dan akan bergabung dengan tiga kapal pesiar yang berlayar lebih dari 100 meter.

Kapal itu diperkirakan akan menelan biaya pemeliharaan senilai US$ 25 juta per tahun yang harus dikeluarkan Jeff Bezos.



Simak Video "Amazon Bakal PHK 10 Ribu Karyawannya"
[Gambas:Video 20detik]
(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT