Jokowi: Tahun 2023, 70 Negara Akan Alami Resesi

ADVERTISEMENT

Jokowi: Tahun 2023, 70 Negara Akan Alami Resesi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 12 Jan 2023 12:58 WIB
Negara Masuk Resesi
Foto: Negara Masuk Resesi (Mindra Purnomo/tim infografis detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan keadaan semua negara termasuk Indonesia itu berada pada kegentingan pada tahun ini. Menurutnya, semua negara dihantui resesi, krisis pangan, krisis energi, hingga kenaikan harga bahan pokok.

Hal tersebut menurutnya membuat banyak negara bakal resesi. Setidaknya, Jokowi memaparkan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) meramal sepertiga ekonomi global akan ambruk. Sekitar 60-70 negara menurutnya akan mengalami resesi tahun ini.

"Di tahun 2023 sepertiga ekonomi dunia diprediksi alami resesi. Artinya bila ada 200 lebih negara artinya 70 negara akan alami resesi," ungkap Jokowi dalam sambutannya di agenda Rakornas dan Musyawarah Dewan Partai PBB yang disiarkan virtual, dikutip Kamis (12/1/2023).

Jokowi pun mengungkit krisis ekonomi di tahun 1997-1998 saat beberapa negara mengalami resesi, hal tersebut cukup membuat ambruk ekonomi Indonesia. Dia mengaku takut bila ramalan IMF benar terjadi.

"Kalau di tahun 97-98 saja yang alami resesi cuma beberapa negara sedikit sekali, itu sudah ambrukkan ekonomi kita. Nah yang ini 60-70 negara diperkirakan akan ambruk ekonominya, bahkan negara yang tidak kena resesi ratusan juta penduduknya akan rasakan sedang alami resesi," ujar Jokowi.

Menurutnya, sampai saat ini kondisi ekonomi Indonesia masih normal-normal saja dan patut disyukuri. Namun, dia mengingatkan jangan sampai semua terlena.

Jokowi juga mengungkapkan sampai saat ini ada 16 negara yang antre jadi 'pasien' IMF, sementara 36 negara lagi sudah antre di depan pintu IMF. Dia mewanti-wanti jangan sampai Indonesia ikut masuk ke dalam daftar tersebut, pasalnya di tahun 1998 Indonesia pernah menjadi pasien IMF.

"Kita ini tahun 98 pernah jadi pasien IMF karena ekonomi ambruk dan politik kita jatuh saat itu," sebut Jokowi.

Simak juga video 'Resolusi Jokowi di 2023: RI Tak Kena Imbas Resesi Global':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT