Intip Gaji PM Selandia Baru yang Mundur Tiba-tiba

ADVERTISEMENT

Intip Gaji PM Selandia Baru yang Mundur Tiba-tiba

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 19 Jan 2023 12:31 WIB
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan dirinya akan mengundurkan diri. Dia akan mundur dari jabatannya bulan depan.
Ardern juga mengatakan kalau dirinya tidak akan mencalonkan diri kembali di pemilu mendatang yang diselenggarakan Oktober.
PM Selandia Baru Jacinda Ardern/Foto: AP/Mark MItchell
Jakarta -

Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan pengunduran diri menjelang pemilu selanjutnya di negara tersebut. Dengan begitu dirinya tidak akan lagi menjabat sebagai PM setelah masa kerjannya kali ini berakhir.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan Ardern saat berbicara dalam sebuah konferensi pers. Diketahui bahwa masa jabatannya akan berakhir secara resmi pada 7 Februari mendatang.

Berdasarkan catatan detikcom, Ardern menyebut beberapa tahun terakhir menjadi masa-masa sulit baginya sebagai seorang PM, dan menyatakan bahwa dirinya hanyalah manusia dan perlu mundur dari pekerjaannya.

Memiliki beban kerja yang berat hingga "kapok" menjabat, memang berapa sih besaran gaji PM Selandia Baru?

Perlu diketahui bahwa besaran gaji PM Selandia Baru dan anggota kabinet belum mengalami perubahan selama 5 tahun terakhir. Meski demikian, besaran gaji mereka dinilai merupakan yang terbesar di antara para pemimpin dunia lainnya.

Di Selandia Baru, besaran gaji anggota parlemen ditetapkan oleh badan Otoritas Remunerasi. Instansi ini juga bertugas untuk menetapkan tunjangan dasar bagi para anggota parlemen dan menentukan upah pensiun mereka.

Jumlah remunerasi atau gaji bervariasi tergantung pada jabatan yang diduduki oleh setiap anggota parlemen, seperti Perdana Menteri (PM), menteri, pembicara, dan pemimpin oposisi.

Melansir dari media asal Selandia Baru, Newshub, dikatakan bahwa besaran gaji Perdana Menteri mereka saat ini sebesar NZ$ 471.049 per tahun atau sekitar Rp 4,56 miliar (kurs Rp 9.700/dolar Selandia Baru).

Dengan kata lain, Jacinda Ardern selaku PM Selandia Baru dapat mengantongi besaran gaji hingga Rp 380,76 juta per bulan. Karenanya tidak heran bila dirinya merupakan salah satu pemimpin dunia dengan besaran gaji tertinggi.

Namun perlu diketahui bahwa sejak 2020 kemarin, saat pandemi mulai mempengaruhi kondisi ekonomi negeri Kiwi tersebut, para menteri, anggota kabinet, serta Jacinda Ardern selaku PM sendiri secara sukarela memotong besaran gaji yang mereka terima hingga 20%.

Karenanya besaran gaji yang diterima oleh PM Selandia Baru Jacinda Ardern selama menjabat sebagai PM mungkin kurang dari Rp 380 juta per bulannya.

Simak video 'PM Selandia Baru Mengundurkan Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT