Pemerintah Pungut Pajak dari Masyarakat, Sri Mulyani: Dibalikke Meneh!

ADVERTISEMENT

Pemerintah Pungut Pajak dari Masyarakat, Sri Mulyani: Dibalikke Meneh!

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 24 Jan 2023 12:18 WIB
mentor keuangan
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan semua pajak yang dipungut pemerintah dari masyarakat akan kembali diberikan lagi untuk masyarakat. Pengembalian pajak itu dilakukan lewat berbagai hal, mulai dari untuk UMKM hingga pembangunan.

Hal ini diungkapkan Sri Mulyani dalam salah satu unggahannya di Instagram. Dia mengunggah kegiatannya saat melakukan Seminar Ekonomi Nasional Gerakan Pemuda Ansor pada Minggu 22 Januari 2023 yang lalu.

Menurutnya kehadiran dirinya di agenda tersebut untuk memenuhi undangan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Sri Mulyani mengatakan dalam keterangan unggahannya bila dalam agenda tersebut dia memaparkan semua pajak yang dipungut masyarakat akan dikembalikan untuk masyarakat.

Sri Mulyani, bahkan, menulis dengan tegas dengan dialeg Jawa Timur bila semua pajak akan dibalikke meneh alias dikembalikan lagi ke masyarakat.

"Dibalikke meneh! Setiap pajak yang dibayarkan masyarakat akan kembali ke masyarakat," ungkap Sri Mulyani dilansir dari unggahannya di akun Instagram resmi @smindrawati, Selasa (24/1/2023).

Katanya, pajak itu dikembalikan dalam berbagai bentuk ke masyarakat. Mulai dari UMKM hingga pembangunan infrastruktur, termasuk juga untuk pembangunan pesantren maupun fasilitas para santri.

"(Pajak dikembalikan) untuk UMKM, untuk masyarakat luas. Misalnya infrastruktur, jalan tol, bendungan, dan lain-lain, termasuk untuk pesantren," sebut Sri Mulyani.

Sri Mulyani juga mengatakan dalam menghadapi beragam tantangan di 2023, pihaknya akan memaksimalkan fungsi APBN sebagai instrumen fiskal yang memiliki ragam fungsi mulai shock absorber hingga akselerator pertumbuhan ekonomi kita.

(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT