Jokowi Sebut Banyak Negara Bermuka Dua, Kelihatan Akrab tapi Rebutan Investasi

ADVERTISEMENT

Jokowi Sebut Banyak Negara Bermuka Dua, Kelihatan Akrab tapi Rebutan Investasi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 25 Jan 2023 11:37 WIB
Jokowi bicara soal stunting
Presiden Joko Widodo (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara mengenai situasi dunia terkini. Menurut Jokowi saat ini semua negara dalam sebuah kompetisi yang ketat.

Ia pun menyinggung soal pertemuan G20. Menurut Jokowi, negara-negara tampak akrab. Namun, sebenarnya sedang berkompetisi.

"Posisi semua negara saat ini adalah kompetisi, bersaing, satu sama lain. Kelihatannya ya misalnya ada G20 ketemu, kelihatannya salaman baik-baik, itu semua saling berkompetisi," kata Jokowi saat membuka Rakernas Program Banggakencana dan Penurunan Stunting yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (25/1/2023).

Di ASEAN pun juga sama. Menurut Jokowi banyak negara terlihat saling berangkulan tapi sebetulnya tengah berkompetisi. Menurut Jokowi, saat ini semua negara saling berebut investasi hingga teknologi.

"Di ASEAN sendiri kelihatannya kan rangkul-rangkulan, salam-salaman sebetulnya juga sama berkompetisi. Saling berebut investasi, saling berebut teknologi, semua negara," ujar Jokowi.

Jokowi pun menekankan, kunci dari persaingan ini ialah sumber daya manusia yang berkualitas. "Dan kuncinya adalah sumber daya manusia yang berkualitas, SDM unggul, SDM yang berkualitas," katanya.

Lihat juga video 'Sentilan Jokowi ke Kementerian yang Kerap Beri Anak Biskuit':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT