Simak 4 Tips Ini Biar Bisnis Franchise Bisa Jalan Terus

ADVERTISEMENT

Simak 4 Tips Ini Biar Bisnis Franchise Bisa Jalan Terus

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Senin, 06 Feb 2023 16:01 WIB
Rhenald Kasali
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Bisnis franchise atau waralaba tengah menjamur di Indonesia dan menarik minat banyak orang. Dengan menggandeng mitra, pemilik usaha juga tidak perlu mengeluarkan uang besar untuk membuka cabang.

Namun, dalam praktiknya, terkadang terdapat franchise yang menutup gerainya. Hal ini bisa saja mengganggu pemasukan bagi pemilik usaha.

Pakar Bisnis Rhenald Kasali memberikan beberapa saran supaya bisnis franchise dapat terus berjalan. Pertama, jangan menerapkan biaya franchise yang terlalu tinggi. Hal itu karena dapat membuat orang yang bermitra kecewa apabila pendapatannya tidak memadai.

Kedua, franchisor harus menjamin agar mitra memiliki pendapatan yang bagus. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi saran, salah satu contohnya yaitu saran terkait lokasi dibukanya franchise.

"Ada tempat tertentu yang tidak layak, jangan direkomendasi. Jangan dibuka di daerah tertentu, apalagi kompetisi di daerah tertentu ini semakin banyak setelah pandemi. (Setelah) pandemi ini kan orang kembali offline semuanya, jadi persaingannya semakin keras di dunia offline," tuturnya kepada detikcom, Senin (6/2/2023).

Ketiga, stok barang jangan terlalu membebankan ke franchisee. Hal ini karena franchisee sudah memiliki berbagai beban biaya, mulai dari modal hingga listrik.

"Karena mereka menanggung beban, beban biaya modal, biaya listrik, dan lain sebagainya jadi turut dibantu. Jadi franchisor harus menjaga agar mitra-mitranya cukup efektif," katanya.

Keempat, harus terbuka dan jujur berapa lama usaha tersebut akan dijalankan. Menurutnya, belakangan ini banyak anak muda yang membuka usaha dalam waktu yang singkat. Sementara itu, orang yang investasi menjadi mitra berpikir bahwa bisnis tersebut akan berjalan dalam jangka waktu yang lama.

"Nah, sekarang kita berada di usia yang ke berapa tahun itu yang harus kita pikirkan ketika seorang franchisor menawarkan sesuatu. Dia sudah berapa tahun, apakah mereka masih bersemangat untuk terus lanjut dan seterusnya. Itu yang harus kita pikirkan ketika kita invest pada franchise tertentu," pungkasnya.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT