Jurus Biar Bisnis Ritel Selamat dari Tekanan Ekonomi

ADVERTISEMENT

Jurus Biar Bisnis Ritel Selamat dari Tekanan Ekonomi

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Rabu, 08 Feb 2023 18:15 WIB
Hand pressing the button in the elevator in front view
Foto: Getty Images/iStockphoto/oppos
Jakarta -

Keadaan industri ritel saat ini semakin menantang. Pasalnya, setelah pandemi Covid-19 mereda, kini banyak orang-orang yang mulai mengunjungi tempat publik, salah satunya pusat perbelanjaan.

Berbagai cara dilakukan oleh pebisnis ritel agar usahanya dapat terus bertahan, baik pada saat pandemi maupun pada masa pemulihan setelah pandemi. Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad menyebutkan beberapa langkah yang dapat dilakukan supaya bisnis ritel dapat terus bertahan

Pertama, mengubah konsep mengikuti perkembangan zaman. Meskipun agak sulit, namun hal tersebut perlu dilakukan agar dapat menarik para pengunjung.

"Desain-desain ritel itu harus diubah konsepnya, sekarang kan orang spendingnya lebih untuk tempat nongkrong, makan dengan teman, keluarga, teman kantor dan sebagainya. Ya ritel juga bisa jadi (tempat) meeting-meeting point, ruang rapat kecil, dan sebagainya, sehingga menjadi ekosistem," tuturnya kepada detikcom, Selasa (7/2/2023).

Kedua, sebisa mungkin lokasinya tidak di pusat kemacetan. Ketiga, berani bermain harga.

"Karena sekarang orang bisa mendapatkan harga terbaik dengan metode e-commerce. Harga-harga yang ada di ritel-ritel itu harusnya bisa bersaing, gimana caranya? Ya contohnya dengan menekan biaya sewa, biaya operasional, dan sebagainya sehingga mereka bisa bersaing," katanya.

Keempat, memfasilitasi acara-acara yang bersifat sosial dan keramaian, contohnya seperti acara musik. Hal ini dilakukan untuk menggaet para pengunjung.

"Ya kalau ada yang masuk kan setidaknya sekian persen pasti ingin makan di situ, ingin belanja dan lain-lain," ucapnya.

Salah satu pengusaha ritel yang cukup sukses melakukan langkah-langkah tersebut adalah PT Trans ritel Indonesia atau Transmart. Transmart telah melakukan berbagai transformasi bisnis untuk mengatasi sejumlah tantangan yang hadir selama pandemi Covid-19.

Transmart melakukan sejumlah inovasi yang dapat menjawab ekspektasi masyarakat akan pemenuhan tidak hanya kebutuhan pokok, namun juga gaya hidup, refreshment, dan pengalaman berbelanja baru dalam satu konsep. Vice President Corporate Communications PT Trans ritel Indonesia Satria Hamid mengatakan, Transmart menjawab perubahan perilaku dan harapan konsumen yang jauh berbeda dibandingkan dengan masa sebelum pandemi dengan berbagai inovasi baru.

Setelah sebelumnya menawarkan konsep 4 in 1 yang memadukan konsep berbelanja, bermain, kuliner dan hiburan untuk keluarga, di tahun 2023 ini Transmart telah menghadirkan Baby Corner yang menyediakan segala kebutuhan anak dengan tampilan yang menarik dan dilengkapi dengan playground untuk buah hati. Konsumen sudah dapat merasakan pengalaman belanja ini di Transmart Emporium dan segera di Transmart Cempaka Putih.

"Nikmati pengalaman belanja di Transmart dan berikan kebahagian bagi buah hati dengan bermain di playground yang kami sediakan, GRATIS dengan hanya berbelanja di Transmart", kata Satria dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (7/2/2023).

Tren kekinian dengan Korean Food, kesadaran akan energi ramah lingkungan, kebutuhan akan event-event tempat masyarakat berkumpul dan mengekspresikan diri serta tren digital e-commerce menjadi area inovasi yang telah dihadirkan maupun sedang dipersiapkan oleh Transmart sebagai kejutan-kejutan yang ditawarkan bagi konsumennya di tengah persaingan yang ketat para peritel Indonesia.

"Kami sudah menghadirkan berbagai inovasi baru bagi konsumen kami, selain itu juga ada banyak kejutan baru yang akan kami berikan dalam waktu dekat," tuturnya.

Selain itu, para konsumen juga dapat menikmati fasilitas diskon dan kemudahan yang ditawarkan oleh Transmart melalui kerjasama Transmart dalam ekosistem CT Corp dengan diskon 10% menggunakan aplikasi bank digital Allo Bank maupun fasilitas bank Mega.

(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT