Beredar Info Rekrutmen via Email, Pegadaian Pastikan Hoaks

Khoirul Anam - detikFinance
Selasa, 06 Jul 2021 16:45 WIB
Transaksi di Pegadaian
Foto: dok. Pegadaian
Jakarta -

Belakangan ini beredar berita bohong (hoaks) yang beredar di masyarakat tentang rekrutmen karyawan Pegadaian. Para calon pelamar kerja diminta mengirimkan sejumlah uang untuk biaya transportasi dan akomodasi.

PT Pegadaian (Persero) mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap modus penipuan berupa undangan penerimaan karyawan yang mengatasnamakan direksi atau pejabat Pegadaian. Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Pegadaian, Basuki Tri Andayani, menyampaikan calon korban biasanya mendapatkan e-mail berisi informasi bahwa yang bersangkutan diterima sebagai karyawan Pegadaian.

Selanjutnya, calon korban diminta datang ke kantor pusat dengan menggunakan jasa tour dan travel yang akan membantu transportasi serta akomodasi untuk mengikuti proses rekrutmen berikutnya. Dalam surat elektronik yang dikirim kepada calon korban disebutkan salah satu biro perjalanan yang seolah-olah ditunjuk sebagai mitra Pegadaian.

"Nah, di tahap pemanggilan inilah biasanya pelaku minta transfer dengan alasan untuk biaya transportasi dan akomodasi. Padahal sejatinya dalam setiap proses rekrutmen, Pegadaian tidak memungut biaya serta tidak bekerja sama dengan pengelola jasa tour dan travel mana pun," ujar Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (6/7/2021).

Basuki menambahkan, masyarakat yang mendapatkan informasi tersebut segera melakukan konfirmasi ke kantor Pegadaian terdekat atau menghubungi Kantor Pusat Pegadaian Divisi Strategic Human Capital di nomor 021-3155550 ext 411. Adapun jika telanjur menjadi korban penipuan, Basuki meminta untuk melaporkan kepada pihak berwajib agar ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Sebagai informasi, program rekrutmen karyawan Pegadaian dilakukan melalui program Management Development Program secara terbuka untuk masyarakat luas. Sedangkan untuk rekrutmen internal dilakukan melalui program Staff Development Program.

Basuki mengaku, cara ini bertujuan untuk memperoleh sumber daya manusia yang siap berkembang dengan menerapkan core value AKHLAK, sesuai dengan arahan Kementerian BUMN untuk menciptakan pabrik talenta yang berkualitas. Adapun setiap program rekrutmen diumumkan melalui website resmi pegadaian.co.id dan media sosial resmi perusahaan, serta dilakukan secara gratis dan pelamar tidak dipungut biaya.

"Kami sangat berharap agar masyarakat hati-hati dan waspada agar tidak menjadi korban penipuan berkedok rekrutmen palsu ini," pungkas Basuki.



Simak Video "Menag Khawatir Maraknya Penyebaran Hoax Berkedok Dakwah"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/dna)