Ditantang SBY IPO 3 BUMN, Dahlan Siapkan 8 Perusahaan

- detikFinance
Selasa, 03 Jan 2012 14:24 WIB
Jakarta - Menteri BUMN, Dahlan Iskan diam-diam menyiapkan lima perusahaan negara (BUMN dan anak usaha) baru untuk mencatatkan sahamnya di pasar modal Indonesia. Dengan tiga yang sudah siap, maka totalnya yang akan disiapkan delapan BUMN.

Kelima perusahaan ini diluar tiga BUMN yang ditargetkan IPO tahun ini, yakni Pegadaian, Waskita Karya dan Semen Baturaja. Sebelumnya, Presiden SBY sudah meminta sedikitnya ada tiga IPO BUMN tahun ini.

Hal ini disampaikan Dahlan saat berbincang dengan wartawan di kantornya, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (3/1/2012).

"Kan sudah pasti ada tiga, Baturaja, Pegadaian dan Waskita Karya. Yang antri ada lima lagi. Dari lima itu ada yang anak usaha BUMN," ucap Dahlan.

Meski telah menyebut lima perseoan baru, Dahlan enggan merinci identitas BUMN yang dimaksud. "Itu dulu. Dalam satu minggu ini akan kita olah lagi," tegasnya.

Berdasarkan catatan detikFinance, ada beberapa anak usaha BUMN yang siap menjual sebagian sahamnya kepada publik. Diantaranya anak usaha PT Krakatau Steel yaitu PT Krakatau Wajatama, anak usaha Perusahaan Listrik Negara (PLN) PT Prima Layanan Nasional (PLN) Enjiniring.

(wep/ang)