Follow detikFinance
Selasa 07 Mar 2017, 10:42 WIB

Dua Klub Sepak Bola Siap 'Bertanding' di Pasar Modal

Danang Sugianto - detikFinance
Dua Klub Sepak Bola Siap Bertanding di Pasar Modal Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menangkap sinyal minat dari beberapa klub sepak bola di Indonesia yang ingin 'bertanding' di pasar modal. Mereka ingin menjajakan sahamnya di pasar modal melalui IPO.

Direktur Utama Tito Sulistio mengatakan, setidaknya sudah ada 2 klub sepak bola yang telah menyatakan minatnya untuk merumput di bursa saham. Namun dirinya masih merahasiakan nama-nama dari klub sepak bola.

"Itu sudah main di liga-liga besar di Indonesia. saya enggak bakal kasih tahu namanya, pokoknya dari Jawa," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (7/3/2017).

Sayangnya, minat dari klub sepak bola tersebut terbentur permasalahan pembukuan keuangan. Sebab klub sepak bola di Indonesia masih menganggap pemainnya sebagai beban operasional karena ada pengeliuaran gaji.

"Gaji langsung masuk biaya besar. Kalau di luar negeri prinsipnya, pegawai itu aset, gaji naikin ke aset, dijual lagi. Pemain itu kan diperjualbelikan. Kalau cuma gaji saja, akuntansinya susah," imbuhnya.

Sebuah club sepak bola menjadi emiten di pasar modal sebenarnya bukan hal yang baru di luar negeri. Sudah banyak klub sepak bola ternama merumput di pasar modal, sebut saja Manchester United, Lazio, Juventus, AS roma dan Borussia Dortmund.

Untuk itu, Tito meminta bantuan Ikatan Akutan Indonesia (IAI) untuk membuat Pernyataan Standar Akutansi Keuangan (PSAK) untuk para klub sepakbola.

"PSAK-nya nanti akan dibikin sama mereka," tukasnya.

Salah satu klub bola yang pernah menyatakan minat untuk masuk bursa saham adalah Persib Bandung. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
BERITA TERBARU +