Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 21:28 WIB

Buka Kantor Perwakilan di Solo, BEI: Jumlah Investornya 19 Ribu

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Buka Kantor Perwakilan di Solo, BEI: Jumlah Investornya 19 Ribu Foto: Ari Saputra
Solo - Transaksi pasar modal para investor dari Kota Solo dan enam kabupaten sekitar Solo (Solo Raya) dinilai menggembirakan. Oleh karenanya, Bursa Efek Indonesia (BEI) kini membuka kantor perwakilan (kanwil) di Kota Solo.

Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Irfan Noor Riza, mengatakan Solo Raya memiliki potensi besar dalam pertumbuhan pasar modal. Dia juga melihat banyak pengusaha besar berasal dari Solo, sehingga layak jika mendirikan kanwil di Solo.

"Selain itu, ini bagian dari cara mendekatkan masyarakat agar dapat mengakses pasar modal secara langsung. Dulu Solo ikut kantor Yogyakarta, sekarang kita buka juga di Solo," katanya di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta, Kamis (20/4/2017)

Jika dibandingkan dengan DIY, nilai transaksi di Solo Raya jauh lebih besar. Namun dilihat dari jumlah investor, DIY masih melebihi Solo Raya.

Irfan menyebut 19 ribu investor dari Solo Raya mampu mencatatkan nilai transaksi Rp 1,05 triliun. Sedangkan DIY mencatatkan transaksi Rp 435 miliar dari 26 ribu investor.

"Jumlah 19 ribu itu data Maret 2017. Meningkat dibandingkan akhir tahun 2016 yang jumlahnya sekitar 18 ribu. Target jumlah investor kita ke depan, minimal 10 persen dari total penduduk di Solo Raya," ungkap Irfan.

BEI Solo merupakan kanwil ke-26 di Indonesia. Dengan adanya kanwil baru tersebut, diharapkan semakin banyak masyarakat yang berkontribusi memiliki saham perusahaan-perusahaan nasional. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed