Follow detikFinance
Kamis 18 May 2017, 11:45 WIB

Puan Beri Kuis ke Anak SD Sampai Ibu-Ibu Pengajian di BEI

Danang Sugianto - detikFinance
Puan Beri Kuis ke Anak SD Sampai Ibu-Ibu Pengajian di BEI Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani hari ini hadir dalam seremonial pembukaan perdagangan sekaligus Strategi Perlindungan Konsumen Keuangan (SPKK) periode 2013-2027 yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dalam kesempatan itu, Puan berkesempatan untuk memberikan pidato. Namun di sela-sela pidatonya Puan sempat berhenti dan memanggil perwakilan anak SD, SMP dan ibu-ibu majlis ta'lim. Kebetulan peluncuran SPKK juga mengunakan anak-ank SD Makasar 06, SMP 90 dan Ibu-Ibu Majlis Ta'lim Baiturahman.

"Coba yang anak SD mana, bediri semua sambil tunjuk tangan. Anak SMP dan ibu-ibu pengajian juga, saya mau ajak ke depan sini," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Ternyata maksud dari Puan untuk mengajak mereka ke atas panggung untuk bagi-bagi hadiah. Namun dia tidak memberikan hadiah itu begitu saja, mereka harus berhasil menjawab pertanyaan yang dilontarkannya.

Pertama, Puan mengetes pengetahuan siswa SD yang mengaku bernama Iban. Puan meminta Iban untuk menyebutkan 5 sila dalam Pancasila.

Dengan suara yang lantang Iban menjabarkan seluruh sila dengan sempurna. Sebagai hadiahnya, Puan memberikan tabungan Simpel (Simpanan Pelajar) untuk Iban senilai Rp 2,86 juta.

"Simpel itu apa? Coba baca dulu ini angka tabungannya berapa?" tanya Puan.

Iban yang mengaku baru duduk di kelas 1 SD itu pun hanya garuk-garuk kepala lantaran terbata-bata menyebut angka jutaan rupiah itu.

Kemudian Chika Putri Siswi SMP 90 yang beruntung diajak ke atas panggung diminta untuk menyebutkan 5 nama bank. Dia juga berhasil menjawab tantangan itu dengan mulus.

"Saya jadi promosiin nama bank. Tapi ini tabungan Simpel juga buat kamu," tuturnya. (ang/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed