Follow detikFinance
Jumat 14 Jul 2017, 13:31 WIB

Direksi: Penutupan 7-Eleven Merupakan Pilihan Terbaik

Danang Sugianto - detikFinance
Direksi: Penutupan 7-Eleven Merupakan Pilihan Terbaik Foto: Grandyos Zafna
FOKUS BERITA 7-Eleven Tutup
Jakarta - PT Modern Internasional Tbk (MDRN) menutup seluruh gerai 7-Eleven (Sevel)di Indonesia sejak 30 Juni 2017 yang lalu. Keputusan getir itu dianggap polihan terbaik oleh pihak manajemen.

Direktur Keuangan Modern Internasional menjelaskan, keputusan manajemen untuk menutup seluruh Sevel Indonesia yang telah dibangun sejak 2009 disebabkan oleh banyak faktor baik faktor internal maupun eksternal.

"Untuk saat ini penghentian operasional bisnis Sevel merupakan pilihan terbaik bagi Perseroan karena bisnis Sevel mengalami kerugian yang signifikan dan terus menerus menggerus modal kerja Perseroan," tuturnya dalam acara Public Exposes Isidentil di Kantor Pusat Sevel, Jakarta, Jumat (14/7/2017)

Chandra mengatakan, pihaknya menyadari bahwa keputusan ini merupakan salah satu resiko bisnis yang harus dihadapi Perseroan. Apalagi perseroan sangat agresif dalam mengembangkan Sevel.

"Ekspansi gerai Sevel dilakukan terlalu cepat di awal, di mana sebagian besar kebutuhan ekspansi tersebut dibiayai oleh pinjaman, kewajiban pembayaran bunga dan pokok pinjaman yang signifikan menggangu modal kerja yang dapat digunakan untuk operasi bisnis Sevel," tukasnya.

Menurut laporan keuangan konsolidasian MDRN kuartal I-2017 (tidak diaudit), perusahaan ini masih mengalami kerugian sebesar Rp 447,9 miliar. Angka tersebut berbanding terbalik dengan kondisi perseroan di kuartal I 2016 yang masih mampu membukukan laba sebesar Rp 21,3 miliar.

Adapun total liabilitas MDRN di kuartal I 2017 mencapai Rp 1,38 triliun sedangkan total asetnya mencapai Rp 1,57 triliun. Jika dibagi rasio solvabilitas MDRN adalah 0,88 kali.

Jika rasio solvabilitasnya di bawah 1 kali artinya perseroan masih mampu membayar seluruh kewajibannya. Semakin kecil rasio solvabilitas, kondisi perusahaan semakin sehat. Namun, rasio solvabilitas MDRN sudah cukup mengkhawatirkan, karena sudah mendekati 1 kali. (ang/ang)
FOKUS BERITA 7-Eleven Tutup
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed