ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 15 Sep 2017 14:08 WIB

Matahari Tutup Gerai di Pasaraya Manggarai dan Blok M Akhir Bulan Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: dok. LPPF Foto: dok. LPPF
Jakarta - Beredar kabar 2 gerai Matahari akan ditutup. Kedua cabang tersebut berada di Pasaraya Manggarai dan Pasaraya Blok M. Apa kata manajemen Matahari?

Hal itu pun dibenarkan oleh oleh Corporate Secretary & Legal Director PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), Miranti Hadisusilo. "Benar yang di Pasaraya dan Blok M mau kita tutup," tuturnya kepada detikFinance, Jumat (15/9/2017).

Miranti menjelaskan, perseroan memutuskan menutup kedua gerai tersebut lantaran pemasukannya tidak sesuai yang diharapkan. Hal itu lantaran pengunjung di kedua cabang tersebut terbilang sepi.

"Karena sepi, jadi memang kinerjanya tidak tutup hitung-hitunganya," imbuhnya.

Dia juga mengakui, kinerja keuangan dari kedua gerai tersebut jarang sekali mengantongi untung. Sayangnya Miranti enggan merincinya.

"Tidak menutup biaya operasional. Pengunjungnya saya tidak tahu yang jelas penjualannya minim sekali. Meskipun ada beberapa seperti Lebaran ramai. Tapi kebanyakan sepi. Akhirnya kita cut loss," terangnya.

Miranti menjelaskan, kedua gerai tersebut beroperasi sejak 2015. Biasanya satu gerai Matahari sudah balik modal dalam waktu 1 tahun. Namun hingga kini kedua gerai itu belum mencapai titik balik modal atau Break Even Point (BEP).

Rencananya kedua gerai Matahari itu akan ditutup pada akhir bulan ini. Hingga hari penutupan Matahari menerapkan diskon up to 75% untuk menghabiskan sisa stok dagangan. (wdl/wdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com