Melantai di Pasar Modal, Saham Anak Usaha WIKA Menguat 3,45%

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 30 Nov 2017 09:36 WIB
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Pasar modal kembali kedatangan emiten baru dari anak usaha BUMN. Kali ini giliran anak usaha dari PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) yakni PT WIKA Bangunan Gedung Tbk yang melakukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO).

Pada saat pencatatan perdana, saham berkode WEGE tercatat menguat 10 poin atau 3,45% dari harga penawaran Rp 290 ke level Rp 300. Hingga di level itu saham WEGE telah ditransaksikan sebanyak 168 lot dengan frekuensi 2 kali serta nilainya yang mencapai Rp 4,97 juta

"Ini adalah agenda yang dinantikan. Ini adalah aksi korporasi yang disiapkan jangka panjang," kata Direktur Utama WEGE Nariman Prasetyo di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (30/11/2017).

WEGE sendiri melepas sebanyak 2,87 miliar lembar saham. Jika dihitung dari harga penawaran maka pihaknya akan mendapatkan dana segar hasil IPO sebesar Rp 832,88 miliar.

Sekitar 70% dari dana tersebut akan digunakan perseroan untuk kebutuhan pengembangan usaha. Lalu sekita 30% akan ditempatkan sebagai modal kerja.

WIKA Gedung yang bergerak di bidang industri konstruksi dan engineering jasa pemborongan ini sebelumnya sahamnya sebanyak 99,00% dikuasai oleh WIKA lalu 1% dipegang oleh Koperasi Karyawan WIKA.

Dalam proses IPO ini, manajemen menunjuk PT Mandiri Sekuritas, PT Bahana Securities, PT CIMB Sekuritas Indonesia dan PT Buana Capital Sekuritas untuk menjadi penjamin pelaksana emisi efek. (dna/dna)