Rencana Anies-Sandi Jual Saham Anker Bir Dibahas Dalam RUPS

Danang Sugianto - detikFinance
Senin, 09 Apr 2018 16:13 WIB
Foto: Dok. Delta Djakarta
Jakarta - Rencana Pemprov DKI Jakarta melepas saham PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) kembali mencuat. Meski memberikan dividen yang cukup besar, saham produsen Anker Bir itu tetap akan dilepas Anies-Sandi.

Ketika dikonfirmasi ke perusahaan, Direktur Pemasaran Delta Djakarta Ronny Titiheruw enggan berkomentar. Rencana tersebut akan diputuskan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Saya no comment dulu, nanti saja tunggu RUPS-nya," tuturnya singkat saat dihubungi detikFinance, Senin (9/4/2018).

Ronny mengatakan, perseroan akan menggelar RUPS pada 25 April 2018 mendatang. Meskipun dia juga enggan merinci agenda dalam RUPS nantinya.

"Agendanya nanti saja diberitahu. Tapi yang itu (pelepasan saham Pemprov DKI) saya belum bisa comment," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan tetap akan melepas saham di PT Delta Djakarta Tbk (DLTA). Proses pelepasan saham produsen Anker Bir itu tengah disiapkan.

"Pasti dilepas. Pasti," kata Anies di Bumi Perkemahan Cibubur, Cibubur, Jakarta Pusat, Minggu (8/4/2018).

Anies mengaku telah mengkoordinasikan persoalan pelepasan saham tersebut dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno Minggu lalu. Pembicaraan tersebut terkait persiapan-persiapan yang harus disiapkan.


Sekedar informasi, Pemprov DKI saat ini memegang 186.846.000 juta lembar saham produsen Anker Bir, atau setara 23,3%. Sementara sisanya dipegang oleh San Miguel Malaysia Pte sebanyak 58,3% dan masyarakat 18,3%.

Delta Djakarta sudah melantai di bursa saham sejak 27 Februari 1984. Selama ini, emiten berkode DLTA itu rutin menyetor dividen yang jumlahnya cukup besar ke Pemprov DKI.

Tahun 2017 lalu, Pemprov DKI menerima setoran dividen dari Delta Djakarta sebesar Rp 37,8 miliar. Dividen ini diambil dari laba tahun buku 2016.

(ang/ang)