Follow detikFinance
Kamis, 12 Apr 2018 18:19 WIB

Antam Akan Tambah Kepemilikan di Dua Perusahaan Ini

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) akan fokus menggarap proyek di tiga komoditas utama yakni bauksit, emas dan nikel. Oleh karena itu perusahaan akan menjual saham-saham di anak usaha di luar 3 komoditas itu dan menambah kepemilikan di komoditas utama itu.

Direktur Utama Aneka Tambang Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, perusahaan akan meningkatkan kepemilikan saham di dua proyek yang saat ini masih minoritas. Pertama pihaknya akan menambah kepemilikan pada proyek pabrik pemurnian (smelter) dan chemical grade alumina (CGA) di Halmahera Timur.

Proyek tersebut digarap perusahaan bersama dengan perusahaan asal Singapura, Ocean Energy. Saat ini kepemilikan saham Aneka Tambang di proyek itu sebesar 25%.

"Nantinya akan ditingkatkan menjadi 51%," ujar Arie di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (12/4/2018).


Menariknya untuk menambah kepemilikan saham di proyek itu Aneka Tambang tidak akan mengluarkan dana. Perusahaan hanya akan menambah suplai bahan baku nikel dari sumber daya yang dimiliki.

Selain itu, Aneka Tambang juga ingin memiliki penuh saham di PT Indonesia Chemical Aluminium (ICA). Saat ini Aneka Tambang memiliki 80% saham ICA, sementara sisanya dimiliki oleh Showa Denko K.K. Ditargetkan proses akuisisi akan selesai pada Juli 2018.


Kemudian Antam juga akan melakukan divestasi atau pelepasan saham di perusahaan-perusahaan non komoditas yang menjadi fokus perusahaan tadi. Dalam aksi ini perusahaan tengah mencari pihak-pihak yang akan menampungnya.

"Sebenarnya ini merupakan amanah daru RUPS 2015, pemegang saham minta kita menata anak usaha salah satunya melalui divestasi," kata Direktur Keuangan Antam Dimas Wikan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed