Follow detikFinance
Senin, 16 Apr 2018 11:16 WIB

Makin Banyak Saham 'Zombie' Bangkit dari Kubur

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Jumlah saham gocap yang tiba-tiba bangkit mulai bertambah. Bahkan di pekan kemarin ada yang sampai masuk dalam jajaran top gainers, meskipun ada pula yang kembali ke zona gocap.

Saham gocap merupakan merupakan label untuk saham-saham yang harganya menyentuh level terendah di Rp 50 per lembar. Saham-saham yang berada di zona gocap biasanya tidur dan sulit untuk bangkit lagi. Ketika tiba-tiba bangkit saham itu biasanya dijuluki sebagai saham zombie.

Sebelumnya detikFinance mencatat untuk tahun ini setidaknya sudah ada 4 saham yang bangkit dari zona gocap yakni PT Express Transindo Utama Tbk (TAXI), PT Mahaka Media Tbk (ABBA), PT Pelayaran Nasional Bina Buana Raya Tbk (BBRM) dan PT Triwira Insanlestari Tbk (TRIL). Namun saham gocap yang menjadi zombie pun bertambah.


Seperti sahan PT Indo Acidanatama Tbk (SRSN). Saham ini sudah menguat sejak 10 April 2018 yang menguat 10% ke level Rp 55. Keesokan harinya langsung memguat 34,55% ke Rp 74. Meski setelahnya saham SRSN terkoreksi namun hari ini kembali menguat, hingga berita ini diturunan saham SRSN sudah naik 24% ke Rp 82.

Ada pula saham PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) yang pada perdagangan 12 April 2018 meroket 34% ke Rp 67. Namun esok harinya saham FREN terkoreksi 22,39% ke Rp 52.

Saham PT Himalaya Energi Persada Tbk (HADE) yang pada 12 April 2017 sudah menguat 34% ke Rp 67. Keesokan harinya terkoreksi ke posisi Rp 56. Hari ini kembali rebound dan sudah menyentuh level Rp 63.


Saham PT Mitra Investindo Tbk (MITI) pada hari yang sama juga sempat menguat 34% ke Rp 67. Sayangnya saham MITI kembali terkoreksi dan kini berada di level Rp 56.

Begitu juga dengan saham PT Polaris Investama Tbk (PLAS) yang juga menguat 34 ke Rp 67 pada hari yang sama. Namun keesokan harinya kembali terkoresi ke level gocap dan hari ini mulai bangkit kembali di posisi Rp 53.

Saham PT Mitra International Resources Tbk (MIRA) pun demikian menguat 34% ke Rp 67 di hari yang sama dan balik ke gocapdi esok harinya. Namun hari ini saham MIRA kembali menguat meski masih di posisi Rp 52. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed