Follow detikFinance
Selasa, 22 Mei 2018 19:00 WIB

Mantan Menteri BUMN Jadi Komisaris Utama Bank Bukopin

Danang Sugianto - detikFinance
Bank Bukopin Foto: Rachman Haryanto Bank Bukopin Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) memutuskan untuk merombak jajaran komisaris dan direksi. Ada salah satu nama Mustafa Abubakar duduk di kursi komisaris.

Melansir keterangan tertulis perusahaan, Selasa (22/5/2018), Mustafa didapuk menjadi Komisaris Utama Independen Bank Bukopin untuk periode 2018-2023. Mustafa sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri BUMN periode 2009-2011. Dia juga pernah menjadi Komisaris Utama Bank Rakyat Indonesia untuk periode 2012-2015.

Penetapan Mustafa Abubakar sebagai Komisaris Utama Bank Bukopin merupakan bagian dari penyegaran di tubuh manajemen Bank Bukopin.


RUPST Bank Bukopin juga mengesahkan pengunduran diri Karya Budiana dari jabatannya sebagai Komisaris Utama Independen untuk kemudian ditetapkan sebagai Komisaris Independen.

Selain itu rapat juga mengesahkan pengunduran diri M. Rachmat Kaimuddin dari Komisaris Bank Bukopin. Rachmat Kaimuddin kemudian diangkat sebagai Direksi Perseroan, mengisi posisi lowong yang ditinggalkan oleh Setiawan Sudarmaji yang mengundurkan diri dari posisinya sebagai Direktur Operasi.

Selain di Bank Bukopin, saat ini Rachmat Kaimuddin juga menjabat sebagai Chief Financial Officer di PT Bosowa Corporindo, pemegang saham pengendali Bank Bukopin.

Untuk mengisi posisi Komisaris yang lowong karena ditinggalkan oleh Rachmat Kaimuddin, RUPS kemarin juga mengesahkan penunjukan M. Subhan Aksa sebagai Komisaris Bank Bukopin.

Subhan Aksa merupakan salah satu pemegang saham dari 30% kepemilikan PT Bosowa Corporindo di Bank Bukopin.

Sementara itu, pemerintah menunjuk Susiwijono sebagai Komisaris di Bank Bukopin menggantikan Luky Alfirman yang mendapatkan penugasan lain. RUPST juga menyetujui pengunduran diri Parikesit Suprapto dari Komisaris Independen.


Hal lain yang ditetapkan RUPST adalah mengesahkan pengangkatan Hari Wurianto sebagai Direktur menggantikan Irlan Suud yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Manajemen Risiko dan Kepatuhan.

Dengan keputusan tersebut, Komposisi manajemen Bank Bukopin periode 2018-2023 menjadi sebagai berikut:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama Independen: Mustafa Abubakar
Komisaris: M. Subhan Aksa
Komisaris: Deddy SA Kodir
Komisaris: Susiwijono
Komisaris Independen: Karya Budiana
Komisaris Independen: Mulia P. Nasution
Komisaris Independen: Margustienny.

Dewan Direksi

Direktur Utama: Eko Rachmansyah Gindo
Direktur: Mikrowa Kirana
Direktur: Adhi Brahmantya
Direktur: Heri Purwanto
Direktur: Rivan A Purwantono
Direktur: M. Rachmat Kaimuddin
Direktur: Hari Wurianto (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed