Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 29 Jun 2018 15:50 WIB

Ada Rencana 1 Lot Saham Diturunkan Jadi 20 Lembar Saham

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali mengutarakan rencana untuk mengubah jumlah satuan saham dalam satu lot. Hal itu demi mempermudah para investor pasar modal untuk bertransaksi.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Laksono Widito Widodo mengatakan pelaksanaan pengurangan jumlah saham dalam satu lot ditargetkan terlaksana pada tahun depan.

"Tahun ini kita fokus penyelesaian transaksi dari T+3 ke T+2. Kalau itu sudah beres, mungkin tahun depan. Kita review dulu," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (29/6/2018).

Laksono mengaku belum mengkaji berapa sekiranya penurunan jumlah saham dalam 1 lot yang saat ini berjumlah 100 lembar. Namun dia menyebutkan bisa menurunkan hingga 20 lembar.


"Belum tahu. Sekarang kan 100 lembar, dulu 500 lembar. Sekarang 100 lembar. Mungkin bisa 50 lembar sampai 20 lembar," tambahnya.

Sekedar informasi, lot merupakan satuan minimal transaksi saham. Jika harga saham A seharga Rp 100 maka investor minimal mengeluarkan uang Rp 10.000 untuk membeli saham A tersebut.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed