Follow detikFinance
Selasa, 10 Jul 2018 10:50 WIB

SMI Terbitkan Obligasi Ramah Lingkungan Pertama di RI

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI hari ini resmi menerbitkan obligasi berorientasi lingkungan atau green bond. SMI menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerbitkan green bond.

Penerbitan green bond PT SMI ini merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Green Bond senilai Rp 3 triliun. Hari ini dicatatkan Rp 500 miliar yang merupakan Tahap I 2018.

"Melalui green bond, kami bersama investor dan pemangku kepentingan lain yang mendukung terwujudnya keberlangsungan pembangunan di muka bumi," kata Direktur Utama SMI Emma Sri Martini di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (20/7/2018).


Emma menjelaskan, hasil penerbitan green bond itu untuk membiayai berbagai sektor seperti: energi energi terbarukan, transportasi ramah lingkungan, dan pengelolaan air bersih.

Awalnya permintaan investor untuk masuk ke Green Bond PT SMI cukup besar yakni Rp 1 Triliun. Namun karena adanya kenaikan suku bunga The Fed dan Bank Indonesia (BI) sebagian dari investor menarik diri dan menunggu kepastian kenaikan suku bunga.

Namun demikian selama masa penawaran terdapat tambahan permintaan green bond sebesar Rp 145 milar, sehingga total emisi tahap I menjadi Rp 500 miliar.


"Emisi pertama lebih untuk melakukan fasilitas PUB, sedangkan untuk emisi-emisi dapat dilakukan setiap saat pada kondisi yang lebih kondusif melalui fasilitas PUB sebesar Rp 3 triliun," ucap Emma.

"Kami berharap emisi Green Bond PT SMI dapat menjadi langkah awal bagi perkembangan Industri Keuangan Berwawasan Lingkungan, selama ini membutuhkan komitmen dan para pihak, seperti regulator dan investor. Kami berharap emisi Green Bond untuk dapat bersaing dan kompetitif," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed