Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Okt 2018 13:19 WIB

Dolar AS 'Ngamuk' ke Rp 15.200, Proyek Tol Jokowi Kena Dampak?

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Pool/Waskita Karya Foto: Pool/Waskita Karya
Jakarta - PT Waskita Karya yakin proyek strategis nasional (PSN) yang digarap pihaknya tidak terpengaruh dampak penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS).

Direktur Utama Waskita Karya I Gusti Ngurah Putra mengatakan saat ini PSN yang digarap oleh pihaknya adalah jalan tol trans jawa. Adapun, pembangunan proyek itu sebagian besar menggunakan material lokal.

Berbeda dengan proyek bangunan yang pada dasarnya membutuhkan banyak material impor. Sehingga, proyek jalan tol tak berdampak banyak oleh penguatan dolar.

"Kita PSN itu garapnya tol trans jawa. Itu kan proyek horizontal pakainya kebanyakan material lokal, tanah, batu. Jadi ada dampaknya, tapi kecil ya nggak terlalu berpengaruh," jelas dia saat dihubungi detikFinance, Jumat (12/10/2018).



Selain itu, ia juga mengungkapkan tidak berpengaruhnya dolar ke proyek yang sedang digarap karena teken kontrak dengan tender telah dilakukan sebelum ada penguatan dolar seperti saat ini.

Namun ia tetap akan melakukan perhitungan ulang guna mengetahui dampak penguatan dolar terhadap proyek yang sedang digarap.

"Kebutulan transaksi sudah lama kan sama tendernya. Jadi ya pasti ada perubahan sedikit anggarannya mereka cuma masih dihitung ini," ungkapnya.

Sementara itu, proyek tol trans jawa sendiri ia targetkan tersambung secara keseluruhan pada November ini. Sedangkan untuk penyelesaian keseluruhan ditargetkan selesai pada kuartal I 2019.





Tonton juga 'Cak Imin: Dolar Naik Berapapun yang Penting Harga Stabil':

[Gambas:Video 20detik]

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed