Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 30 Nov 2018 14:32 WIB

BI Sebut Aliran Modal Asing Dorong Penguatan Rupiah

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tercatat mengalami penguatan. Dari data Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) nilai dolar AS tercatat Rp 14.339 menguat dibandingkan hari sebelumnya RP 14.408. Dari data Reuters dolar AS tercatat Rp 14.290. Hari ini terendah dolar AS sempat menyentuh Rp 14.270.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan penguatan tersebut terjadi karena mulai kembalinya rasa kepercayaan investor asing dengan kebijakan yang pemerintah lakukan.

"Ini terbukti dari aliran modal asing yang masuk terus meningkat, ini tentu saja menambah supply dan memperkuat nilai tukar rupiah dan bagaimana ekonominya membaik serta stabilitas yang terjaga," kata Perry di Gedung BI, Jakarta, Jumat (30/11/2018).


Dia mengungkapkan, faktor kedua penyebab nilai tukar rupiah menguat adalah semakin bekerjanya mekanisme pasar dan terobosan kebijakan yang baik. Sekarang juga ada transaksi pasar uang yang tak hanya spot tapi juga swap hingga Domestic Non-Deliverable Forward (DNDF).

Kemudian ada juga faktor global seperti mulai adanya proses perundingan terkait ketegangan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. "Ada juga kebijakan Gubernur The Fed Jerome Powell yang menyatakan soal kebijakan bunga," imbuh dia.


BI masih tetap berekspektasi The Fed akan menaikan bunga akhir tahun ini hingga tahun depan. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi bank sentral untuk menghadapi gejolak ekonomi ke depan.

Namun Perry menjelaskan meskipun nilai tukar rupiah menguat, saat ini masih di bawah harga pasar. "Kami masih melihat nilai rupiah masih undervalued ya meski sudah stabil," jelas dia.


Tonton juga 'Rupiah Mulai Perkasa, Jokowi: BI Keluarkan Taringnya':

[Gambas:Video 20detik]

BI Sebut Aliran Modal Asing Dorong Penguatan Rupiah
(kil/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com