Dolar AS Diprediksi Berada di Rp 14.900 Tahun Depan

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Rabu, 12 Des 2018 17:23 WIB
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Bank Mandiri memprediksi nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah di tahun depan mencapai Rp 14.900. Angka ini jauh lebih rendah dari proyeksi pemerintah.

Menurut Chief Economist Bank Mandiri Anton Gunawan proyeksi tersebut dilihat berdasarkan perkiraan bank sentral AS The Fed yang akan menaikkan suku bunga acuan sebanyak tiga kali ke level 3% hingga 3,5%.

"Dugaan kami rupiah akan lebih baik rata-rata Rp 14.900 kalau APBN kan Rp 15.000. Tapi itu dengan catatan The Fed naiknya tiga kali ya jadi 3% sampai 3,5%," kata dia di Media Gathering, Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (12/12/2018).


Depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS tahun depan diperkirakan tidak terlalu dalam. Namun tidak menutup kemungkinan juga melemah cukup dalam jika suku bunga acuan AS naik tiga kali dan harga minyak naik.

"Hal ini membuat kami yakin depresiasi rupiah lebih kecil. Tapi masih ada potensi lebih kuat kalau benar ada slow down ekonomi sehingga The Fed tidak naik tiga kali dan harga minyak mentah mulai meningkat lagi," jelasnya.

(ara/ara)