Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Jan 2019 11:40 WIB

Michelin Akuisisi Saham Produsen Ban Corsa dan Achilles Rp 6 T

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: (BBC Travel) Foto: (BBC Travel)
Jakarta - Compagnie Générale des Etablissements Michelin mengumumkan telah mengakuisisi perusahaan produsen ban Indonesia PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA). Sebanyak 80% saham MASA telah berpindah tangan.

Perjanjian jual beli saham atas transaksi itu telah ditandatangani pada 22 Januari 2019 kemarin. Michelin mengakuisisi sebanyak 7.346.357.556 lembar saham atau setara 80% saham MASA.

"Termasuk saham-saham yang dimiliki oleh para pengendali perseroan yaitu Pieter Tanuri dan PT Central Sole Agency," kata Sekretaris Perusahaan MASA Yohanes Ade Bunian Moniaga dalam keterbukaan informasi, Rabu (23/1/2019).



Berdasarkan perjanjan jual beli saham itu, nilai perusahaan ditetapkan sebesar US$ 700 juta atau setara Rp 9,87 triliun. Dengan merujuk pada penyesuaian penyelesaian, Michelin akan membayar kepada para penjual saham MASA sebesar US$ 439 juta atau sekitar Rp 6,19 triliun (kurs Rp 14.100).

Perusahaan produsen ban bermerek Corsa dan Achilles itu menekankan bahwa tidak akan hubungan afiliasi atas perpindahan kepemilikan saham mayoritas itu.

Perubahan pemegang saham itu tentunya akan mempengaruhi pergerakan saham MASA dan kinerja kelangsungan usaha nantinya. Pelaku pasar pun diminta untuk mencermati setiap keterbukaan informasi yang dikeluarkan oleh perusahaan.

(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com