Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 31 Jan 2019 15:25 WIB

Erick Thohir Jual Saham Inter Milan Buat Bayar Utang

Danang Sugianto - detikFinance
Erick Thohir/Foto: Rengga Sancaya Erick Thohir/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pengusaha Erick Thohir telah menjual sahamnya di Inter Milan yang total nilainya bisa mencapai Rp 2,4 triliun.

Pemilik Mahaka Group itu mengaku, uang itu sebagian untuk mengembalikan modal pribadinya serta membayar utang. Sebab dia mengakui bahwa setiap investasinya di luar negeri sebagian dibiayai dari utang.

"Sebagian bayar utang, sebagian ya balikin ekuitas. Kan yang namanya beli-beli itu kan pasti banyak utangnya tidak mungkin ekuiti semua. Bangun stadion di luar negeri nggak mungkin pure equity pasti ada utangnya," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (31/1/2019).


Menurut Erick, sangat lumrah berutang untuk investasi di luar negeri. Biasanya perusahaan juga melakukan investasi hanya 30% dengan ekuitas sisanya berutang.

"Itu lumrah, apa lagi seluruh akuisisi saya di luar negeri enggak ada hubungannya dengan bank di Indonesia. Semua bank asing," ujarnya.

Sayangnya Erick tidak secara gamblang mengungkapkan apakah investasinya di Inter Milan menguntungkan atau tidak. "Ya namanya investasi kadang ada profit, kadang break even point. Tergantung, hal biasalah," ujarnya.


Sebelumnya diberitakan Erick Thohir melepas saham miliknya di Inter Milan. Perusahaan finansial asal Hong Kong, LionRock Capital, yang menjadi pembelinya.

Banyaknya saham yang dijual Erick ke LionRock Capital sebesar 31,05%. Media-media di Italia menyebutkan bahwa tebusan untuk saham itu sekitar 150 juta euro atau setara Rp 2,4 triliun.

Dengan saham ini, LionRock Capital menjadi pemilih saham minoritas di Inter. Pemegang saham mayoritas adalah perusahaan asal China Suning, dengan 68,55% saham yang dimiliki. (das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed